Lantik Pejabat Fungsional, Sekjen KESDM Pesan Soliditas, Sinergi dan Inovasi

JAKARTA, Harnasnews.com – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melaksanakan Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Pejabat Fungsional di Lingkungan KESDM, Kamis (25/3). Pada kesempatan ini, Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Ego Syahrial yang memimpin pelantikan, mengatakan bahwa kenaikan pangkat merupakan bentuk penghargaan negara kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) atas kecakapan, dedikasi dan kinerja dalam melaksanakan tugas.

“Dengan kenaikan pangkat ini diharapkan dapat memotivasi dan mendorong peningkatan kinerja masing-masing,” ujar Ego.

Kemudian, Ego menjelaskan bahwa pelantikan pejabat fungsional merupakan implementasi dari arahan Presiden untuk menyederhanakan organisasi menjadi 2 level dan pengembangan ke dalam jabatan fungsional. Ia menjabarkan, jumlah pejabat fungsional di ESDM mencapai 3.055 orang atau 53.2% dari total pegawai, yang masih akan bertambah karena masih dalam proses pelantikan.

“Sedangkan pejabat struktural hanya 98 orang atau 1,7% dari jumlah pegawai yang sebanyak 5.738 orang,” tambahnya.

Ego juga mengapresiasi pegawai Kementerian ESDM yang sudah bergerak dengan cepat, namun ia melihat bahwa tuntutan masyarakat terhadap kinerja ASN adalah berlari jauh lebih cepat lagi.

“Oleh karena itu, soliditas, sinergi dan inovasi menjadi kunci agar kita dapat berlari lebih cepat sekaligus lebih jauh,” pungkasnya, dikutip dari merdeka.

Sebagai informasi, jumlah pejabat fungsional yang dilantik pada hari ini sebanyak 79 orang, baik karena kenaikan jenjang jabatan maupun pengangkatan melalui inpassing dari unit-unit di Kementerian ESDM. Kemudian, sebanyak 46 orang menerima Keputusan Kenaikan Pangkat PNS di lingkungan Setjen Kementerian ESDM, termasuk BP Batam yang status kepegawaiannya ada di Setjen KESDM. Selain itu, dua orang lainnya menerima SK Pensiun karena akan memasuki masa purnabhakti. (qq)

Leave A Reply

Your email address will not be published.