Larang Ondel-ondel Ngamen, DPRD Diminta Jangan Asbun

JAKARTA, Harnasnews.com- Desakan Pemda untuk melarang penggunaan ondel-ondel mengamen mengalir deras. Hal itu mengundang reaksi sejarawan JJ Rizal. Menurutnya, Pemprov dan DPRD DKI Jakarta jangan asal bunyi (asbun) melarang masyarakat untuk mengamen memakai ondel-ondel. Sejarawan dari Universitas Indonesia itu mengenang dari dulu ondel-ondel memang dijadikan alat untuk mengamen bagi masyarakat.

“Ingat dulu pada tahun 1950-an pernah dianggap memalukan oleh Wali Kota Jakarta Soediro soal ondel-ondel mengamen, lalu sempat dilarang. Hasilnya malah ondel-ondel terancam punah,” ujar JJ Rizal kepada wartawan.

Rizal mengatakan, fenomena maraknya ondel-ondel sekarang ini harusnya disikapi dengan baik. Justru, kata dia, ini menjadi peluang bagi pemerintah dalam membina para seniman itu sesuai nilai budaya dan sejarah ondel-ondel.

“Jadi bukan malah melihatnya sebagai sesuatu yang memalukan. Artinya setiap kebijakan menyangkut produk kebudayaan harus berbasis pengetahuan terhadap produk kebudayaan itu sendiri,” katanya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.