iklan

Lepas Tim Pokja Relawan SDGs 2021, Pemdes Laksanakan Apel

Info Daerah

SUMBAWA,Harnasnews.com – Pemerintah Desa Empang Bawa, melaksanakan Apel Siaga terkait Pelepasan Tim Pokja Relawan Desa yang telah terbentuk berdasarkan SK nomor 33 Tahun 2021 Tentang Tim Relawan SDGs. Rabu (31/03/2021).

Adapun yang hadir di antaranya Kepala Desa Selaku Pembina, Babinsa Selaku Pemimpin Upacara dan Babinkamtibmas sebagai Pengatur di dampingi oleh BPD, Pendamping Lokal Desa (PLD-P3MD Sumbawa) Serta Seluruh Tim dari Berbagai Unsur.

Dalam Sambutannya, H. Haksan (Kades Empang Bawa) menekankan tentang pentingnya pemuktahiran data SDGs sebagai tolak ukur kemajuan Desa dalam capaian selama UU Desa di Jalankan Ini Menjadi Dasar Pembangunan Berkelanjutan di masa sekarang. Kades harus konsen terhadap Perubahan Menuju Digitalisasi Desa.

Sementara Itu Agus Wahyuddin Sebagai Pendamping Desa memberikan Keterangan bahwasannya SDGs adalah pelaksanaan pembangunan berkelanjutan sesuai Nawacita Presiden Jokowi Membangun Desa dari Pinggiran.

Kedepan, hasil dari Pemutahiran ini menjadi Data untuk Desa ini tertuang dalam Permendesa PDTT sebagai acuan Penyusunan RKPDes Tahun 2022 bagi Desa. “Saya sangat Bangga Seluruh Unsur terlibat langsung dalam kegiatan Ini terutama Ibu Ketua PKK, KPM, Kader Posyandu, Tendik PAUD Bapak RT/RW. Ini sejalan dengan konsep No One Left Behind Semangat Berdesa” ungkapnya.

Di satu sisi, Ketua BPD menyampaikan apresiasi terkait Kegiatan Ini seraya berjanji akan mengawal hingga targetnya terealisasi. “Penggunaan anggaran yang dimana APBDes sudah di tetapkan, Kewajiban kita melaksanankan Peraturan yang lebih tinggi, Apalagi ini dari Pusat Kementrian Desa” pangkasnya.

SDGs Desa merupakan upaya terpadu mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa ekonomi tumbuh merata, Desa peduli kesehatan, Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaring, dan Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Harapannya, dengan Anggaran yang minim, kita tetap mampu berbuat Maksimal Demi Desa Empang Bawa yang lebih baik Berkesinambungan dan Umumnya Sumbawa Gemilang Yang Berkeadaban.

Sampai berita ini dibiat, kegiatan pendataan masih berlangsung di masing-masing RT/RW secara serentak.(Herman/Tim)

Leave A Reply

Your email address will not be published.