LLK Sumbawa  Gelar Pelatihan Berbasis Kompetensi Tahap  II

SUMBAWA,Harnasnews.com  – Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumbawa, melaui Kepala Bidang Pelatihan dan Produktifitas, Dwi Istianto, S.Pd., membuka secara resmi Pelatihan Berbasis Kompetensi Binaan BLK Lombok Timur Tahap II, pada Rabu pagi (24/4) di Aula UPTD LLK Disnakertrans Kab. Sumbawa.

Kadis Nakertrans dalam sambutan tertulis yang disampaikan oleh Kabid Latas, Dwi Istianto menyatakan, kondisi ketenagakerjaan Kabupaten Sumbawa meningkat, ditandai dengan meningkatnya jumlah angkatan kerja produktif, seiring dengan meningkatnya pula jumlah penduduk. Disisi lain, kesempatan kerja sangat terbatas bahkan menurun, yang disebabkan kondisi lapangan kerja yang semakin kompetitif, jelasnya.

Dikatakan, sebagian besar angkatan kerja Sumbawa memiliki tingkat pendidikan, keterampilan dan pengalaman yang sangat terbatas. Dijelaskan, Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Disnakertrans mendapat 2 (dua) paket Pelatihan Berbasis Kompetensi dari APBN, 1 (satu) paket dari APBD serta kegiatan berbasis masyarakat sebanyak 2 (dua) paket.

Dikegiatan yang sama, Kepala LLK Disnakertrans Kab. Sumbawa, Syamsuddin dalam laporannya menyatakan, Pelatihan Berbasis Kompetensi Tahap II melalui DIPA RM Binaan UPTP BLK Lombok Timur di UPTD LLK Disnakertrans Sumbawa tahun anggaran 2019 berjumlah 10 paket dengan target 160 orang. Adapun jenis kejuruan yang di pelatihankan antara lain, Basic Office, Teknisi Lsitrik, Las, Menjahit, English For The Office, Mobil Bensin, PHP II, Pendingin AC Split, dan Meubler. Pelatihan tersebut berlangsung selama 20 s.d. 40 hari tergantung jenis kejuruan yang diikuti, dan peserta akan mendapatkan sertifikat. (Hermansyah/Hms)

Leave A Reply

Your email address will not be published.