Mahfud Md Disemati Julukan “Uwa” dari Seniman-Generasi Muda Bandung

JAKARTA, Harnasnews – Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 Mahfud Md mendapat julukan atau sapaan akrab dalam budaya Sunda dengan sebutan “Uwa” yang disematkan oleh para budayawan, seniman, dan generasi muda Bandung.

Saat bertemu sapa dengan masyarakat di Bandung Interactive Hub, Bandung, Sabtu, Mahfud menyambut baik julukan yang disematkan kepadanya. Dia pun meminta agar para pendukungnya dari Sunda memanggilnya dengan sebutan Uwa Mahfud apabila berjumpa.

“Terima kasih. Jadi setiap kapan pun kita ketemu, panggil saja Uwa Mahfud,” kata Mahfud melalui keterangan pers yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Alih-alih menyematkan julukan “Mang” atau “Kang”, Seniman Sunda Budi Dalton menilai sebutan “Uwa” untuk Mahfud Md paling pas digunakan seperti menyapa kakak dari orang tua. Sapaan “Mang” kerap dikonotasikan dengan pedagang, sementara “Kang” dinilai terlalu normatif.

“Kita melihat posisi bapak yang memang kalau dalam buku Sunda itu bapak itu ramah. Jadi romo sudah ada di taraf selesai dalam hidup. Maka, uwa adalah sebutan yang paling sangat berharga, uwa kami,” kata Budi.

Tak hanya menyematkan panggilan tanda keakraban, pada kesempatan tersebut Budi juga menyerahkan penutup kepala dan baju khas Sunda kepada Mahfud. Cawapres pendamping Ganjar Pranowo ini juga bernyanyi “Indonesia Pusaka” dan “Neng Geulis” bersama sejumlah seniman dan penyanyi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.