Mama Yo Pecahkan Problema kekerasan

Asmat,Harnasnews.Com  – “Ubah budaya patriarki, laki laki Astj harus melindungi, menyayangi  dan memuliakan perempuan. Begitu juga dengan anak, perhatikan kesehatannya dan pendidikannya, terutama anak perempuan. Jangan begitu gadis langsung kasih nikah” tutur Mama Yo dengan logat khas Papuanya kala berdialog dengan guru, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama  dan anak anak di kampung Astj, Kabupaten Asmat Papua.

Untuk mendukung kemajuan di negeri Papua, maka semua elemen masyarakat harus bersatu padu menghilangkan budaya kekerasan sejak saat ini. “Kitong pu tanah ini harus  maju, jangan lagi baku pukul” ujar Mama Yo.

Angka kekerasan pada perempuan dan anak di Provinsi Papua paling tinggi diantara Provinsi yang lain, Mama Yo hadir ke pelosok negeri guna memecahkan permasalahan kekerasan dengan cara berdialog langsung kepada masyarakat. Sebagian besar masyarakat Astj masih melakukan kekerasan fisik, baik guru kepada murid, orang tua kepada anak maupun suami kepada isteri. Mama Yo berpesan agar tindak kekerasan tidak lagi di selesaikan dengan cara adat, denda dan mediasi namun harus ditangani secara hukum.

Leave A Reply

Your email address will not be published.