Masjid Christchurch akan Dibuka Kembali untuk Shalat Jumat

Masjid Christchurch

CHRISTCHURCH, Harnasnews.com – Masjid Al Noor di Christchurch kini sedang diperbaiki, dicat, dan dibersihkan sebelum shalat Jumat akan dilaksanakan pada pekan ini. “Kami memberikan jaminan kepada orang-orang yang menghadiri shalat Jumat untuk beribadah,” kata polisi dalam sebuah pernyataan pada Kamis, (21/3).

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern mengumumkan panggilan azan Jumat untuk beribadah bagi umat Islam akan disiarkan secara nasional. Selain itu, akan ada mengheningkan cipta dua menit.

Polisi bersenjata telah menjaga masjid di sekitar Selandia Baru setelah 50 orang tewas Jumat lalu. Sebelumnya seorang teroris telah menyerang jemaah di dua masjid di Christchurch.

“Polisi telah bekerja tanpa henti, melakukan segala daya kami untuk mengumpulkan semua bukti yang sesuai dari tempat kejadian kejahatan aktif, sehingga kami dapat memungkinkan orang untuk kembali ke masjid secepat mungkin,” ujar polisi.

Kedua masjid yang diserang, Al Noor dan masjid Linwood di dekatnya, berencana dibuka kembali. Ribuan jamaah diperkirakan berada di masjid Al Noor, tempat mayoritas korban meninggal.

Sebagian besar korban merupakan migran atau pengungsi dari negara-negara seperti Pakistan, India, Malaysia, Indonesia, Turki, Somalia, Afghanistan, dan Bangladesh. Seorang supremasi kulit putih yang tinggal di Dunedin, di Pulau Selatan Selandia Baru, telah didakwa dengan pembunuhan setelah serangan itu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.