Masyarakat Diminta Waspadai Mutasi Penyebaran Virus Corona Baru

JAKARTA, Harnasness.com – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meminta masyarakat untuk berhati-hati dan mewaspadai penyebaran mutasi virus korona baru yang berasal dari sejumlah negara, yaitu India, Afrika Selatan, maupun Inggris. Mutasi virus tersebut sudah masuk ke Indonesia dan hingga kini masih dapat dikendalikan.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Kesehatan saat memberikan keterangan pers bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo di Kantor Presiden, Jakarta, pada Senin, 3 Mei 2021.

“Hal yang kedua yang juga menjadi kewajiban kita untuk hati-hati, tadi juga sudah dilaporkan kepada Bapak Presiden, karena sudah ada mutasi baru yang masuk yaitu mutasi dari India ada dua insiden yang sudah kita lihat, dua-duanya di Jakarta, dan satu insiden untuk mutasi dari Afrika Selatan yang masuk, itu yang ada di Bali,” papar Budi.

Sebelumnya, mutasi dari Inggris telah terlebih dahulu terdeteksi di Indonesia pada 13 insiden. Mutasi-mutasi virus dari ketiga negara tersebut, menurut Menkes, termasuk kategori _varian of concern_ atau varian yang sangat diperhatikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Leave A Reply

Your email address will not be published.