Memacu  Kualitas  Tutor UT Surabaya Memasuki Era Revolusi Industri  4.0

 

Antusiasme Peserta Pelatihan Tutor UT ketika berlangsung sajian materi dari narasumber.(Foto:Adi-HNN)

SURABAYA,Harnasnews.com – Dua tahun belakangan ini, ruang publik diisi dengan wacana kesiapan Indonesia memasuki Era Revolusi Industri 4.0. Berbicara tentang revolusi Industri maka faktor penting yang harus disiapkan adalah Sumber Daya Manusia. Kita menyadari bahwa SDM kita belum menggembirakan. Hingga akhir 2018, SDM Indonesia masih berada pada urutan 126 dari 167 Negara dengan berbagai kriteria sebagai tolok ukurnya. Menyadari hal ini, pemerintah dan perguruan tinggi kita dalam menyambut penetrasi Revolusi Industri 4.0, yang kedatangannya diharapkan tidak sekadar disambut oleh euforia yang melenakan, tetapi merangsang kesadaran bahwa kesiapaan bangsa ini untuk meleburkan diri pada arus revolusi tersebut harus disertai dengan ‘pemberian bekal’ yang mumpuni agar menghindarkan diri terseret arus globalisasi yang menenggelamkan.

Dalam kaitannya dengan Era Revolusi Industri 4.0, bahwa “keunggulan kompetitif (competitive adventage) sebuah bangsa di era Revolusi Industri 4.0 ini sesungguhnya mengejawantah pada kemampuan mengintegrasikan beragam sumber daya yang dimiliki agar memiliki konektivitas pada penguasaan teknologi, komunikasi, dan big data untuk menghasilkan ‘smart product’ dan ‘smart services’, dan tidak sekadar pada produktivitas kerja yang berskala besar semata”.

Indonesia tentu harus melakukan perubahan di berbagai bidang. Salah satu perubahan itu bisa terbentuk dengan perbaikan sumber daya manusia. Tantangan Utama Revolusi Industri 4.0 adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia, yang dapat mengelaborasi ilmu pengetahuan, keterampilan hidup, dan penguasaan terhadap teknologi informasi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.