Mendag Optimistis RI Jadi Pengekspor Alumina Global Pada 2024

JAKARTA, Harnasnews.com – Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi optimistis bahwa Indonesia akan menjadi salah satu negara pengekspor produk alumina dan aluminium ingot (batangan) terbesar di dunia pada 2024-2025 setelah investasi dari PT Bintan Alumina Indonesia di Bintan, Kepulauan Riau, mulai melakukan produksi.

“Investasinya 6 miliar dolar AS. Ekspor kita bidang alumina dan aluminium ingot ini akan terjadi pertumbuhan yang sangat besar antara 2024-2025 ketika pabriknya jadi. Ini akan terjadi,” kata Mendag saat menggelar konferensi pers secara virtual di Jakarta, Kamis.

Mendag menyampaikan hal itu merupakan salah satu contoh diversifikasi ekspor yang terjadi di Indonesia di mana pada 10 tahun yang lalu, ekspor Indonesia masih didominasi bahan mentah dan barang setengah jadi.

Diversifikasi ekspor, menurut Mendag, membutuhkan investasi dan industrialisasi, di mana setelah investasi masuk ke tanah air maka beberapa tahun kemudian Indonesia bisa menikmati adanya produk baru nonmigas yang potensial ekspor.

Leave A Reply

Your email address will not be published.