JAKARTA, Harnasnews – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian meminta lima pos lintas batas negara (PLBN) yang pembangunan fisiknya telah selesai dikerjakan untuk segera dioperasikan.

“Tadi saya sudah sampaikan ke Pak Jefry dan Pak Robert segera koordinasikan dengan teman-teman yang masuk unsur lintas batas, imigrasi, bea cukai, karantina dari pertanian dan lain-lain. Semua, supaya kami operasionalkan saja segera, kami operasionalkan lima ini,” ujar Tito dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Pengelolaan Perbatasan Negara Tahun 2023 di Jakarta Utara, Kamis.

Adapun lima PLBN baru yang siap untuk diresmikan adalah PLBN Serasan di Natuna, Kepulauan Riau; PLBN Jagoi Babang di Bengkayang, Kalimantan Barat (Kalbar); PLBN Sei Nyamuk di Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara).

Kemudian, PLBN Napan di Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur (NTT); dan PLBN Yetetkun di Boven Digoel, Papua Selatan.

Menurut dia, pengoperasian lima PLBN yang baru ini dapat dilakukan beriringan sembari menunggu Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan secara serentak. Total PLBN yang bisa dioperasionalkan menjadi tiga belas PLBN sampai tahun 2023.