Menhub Pastikan Pergerakan Penumpang di Kawasan Aglomerasi Masih Terkendali

Menhub mengungkapkan, diperkirakan pergerakan penumpang KRL pada Sabtu dan Minggu besok akan meningkat hingga 300 ribu sampai dengan 400 ribu penumpang KRL perharinya.

“Untuk mengantisipasi kepadatan itu, Saya meminta kepada PT KCI untuk benar-benar mengawal protokol kesehatan dan pembatasan kapasitas maksimal penumpang. Petugas perlu ditambah dan lakukan dengan profesional,” kata Menhub.

Menhub juga meminta untuk mengintensifkan pengecekan kesehatan secara acak (random) menggunakan rapid tes antigen di sejumlah stasiun keberangkatan yang berpotensi mengalami penumpukan penumpang.

Untuk mengendalikan pergerakan transportasi di kawasan aglomerasi, Menhub meminta kepada Pemerintah Daerah di wilayah aglomerasi seperti Jabodetabek, Medan, Semarang, Surabaya, Bandung dan Makasar untuk melakukan pemetaan lokasi yang kemungkinan terjadi kepadatan untuk mencegah potensi terjadi penyebaran Covid-19.

“Pergerakan transportasi di aglomerasi memang diperbolehkan, tetapi protokol kesehatan harus tetap dijaga dan jangan sampai terjadi kerumunan yang tidak terkendali,” ucap Menhub.

Selain mengecek penerapan pengendalian transportasi, di Pelabuhan Kaliadem Menhub berkesempatan melakukan tinjauan laut sekitar Pelabuhan Kali Adem menggunakan KN Enggano serta membagikan makanan kepada para penumpang dan awak kapal di pelabuhan. Sementara itu, di Stasiun Manggarai, membagi-bagikan masker kepada penumpang dan petugas. (Red)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.