JAKARTA, Harnasnews.com – Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menekankan pentingnya dukungan global sebagai kunci pemulihan sistem kesehatan yang terdampak pandemi COVID-19.

“Sudah hampir dua tahun sistem kesehatan dunia mendapatkan tekanan besar untuk bangkit dan pulih dari pandemi COVID-19. Sebab pandemi tidak hanya berdampak pada sistem kesehatan global namun juga berdampak pada kehidupan masyarakat global,” kata Budi Gunadi Sadikin melalui pernyataan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Dikutip dari antara, Menkes Budi secara resmi mulai mengenalkan jalur kesehatan di forum G20 kepada para Menteri Kesehatan negara anggota, Jumat, untuk menentukan arah perjalanan dunia dalam mengakhiri pandemi.

Salah satu pelajaran penting dari pandemi COVID-19, kata Budi, adalah arsitektur kesehatan global yang bergerak lambat merespons pandemi dan tidak siap untuk mencegah keadaan kedaruratan kesehatan masyarakat di masa depan.

Tema Presidensi G20 “Recover Together, Recover Stronger” bertujuan untuk membangun kembali arsitektur kesehatan global yang lebih kuat dan dapat bertahan menghadapi krisis kesehatan di masa depan serta mempersiapkan generasi mendatang yang lebih baik.

Budi mengatakan Kementerian Kesehatan selaku ketua Health Working Group telah menetapkan tema “Menata Ulang Arsitektur Kesehatan Global” dengan tiga isu prioritas bidang kesehatan, yaitu membangun ketahanan sistem kesehatan global, harmonisasi standar protokol kesehatan global serta memperluas manufaktur global dan pusat pengetahuan untuk pencegahan pandemi, kesiapsiagaan, dan respons.