Menkeu Sebut 3 Sektor Industri Dongkrak Penerimaan Pajak Februari 2022

JAKARTA, Harnasnews.com  – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyebut terdapat tiga industri pendorong penerimaan pajak pada Februari 2022 yang mencapai Rp199,4 triliun, yakni industri pengolahan, perdagangan, dan pertambangan.

“Tiga sektor ini, industri pengolahan, industri perdagangan, dan industri pertambangan, adalah yang sangat terpukul berat dan terlihat adanya pemulihan yang cukup robust,” kata Menkeu Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN KiTa yang dipantau di Jakarta, Senin.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menuturkan, industri pengolahan menjadi kontributor penerimaan pajak tertinggi yakni sebesar 29,1 persen dari total penerimaan pajak Februari 2022.

Penerimaan pajak dari industri pengolahan juga masih tumbuh 23,1 persen year on year, meskipun lebih kecil dibanding pertumbuhan 54 persen pada bulan sebelumnya, karena penurunan penerimaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) Dalam Negeri dari industri tembakau.

Sementara itu industri perdagangan menjadi kontributor penerimaan pajak terbesar kedua dengan pertumbuhan 49,9 persen year on year yang menyumbang 25,8 persen dari total penerimaan pajak.

“Meskipun terjadi Omicron pada Januari dan Februari, sektor perdagangan masih robust meneruskan pertumbuhan yang tinggi pada Januari 50 persen, dan Februari masih bertahan 49,9 persen, sehingga pertumbuhan pajak dari perdagangan di 50 persen,” jelas Menkeu Sri Mulyani, dilansir dari antara.

Leave A Reply

Your email address will not be published.