Menkum HAM: Perlunya Kreativitas Media untuk Tetap Mampu Bertahan

JAKARTA, Harnasnews.com – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna H Laoly mengatakan perlunya kreativitas media untuk tetap mampu bertahan. Salah satunya adalah dengan cara konvergensi media.

“Konvergensi media adalah pengintegrasian atau penggabungan berbagai macam media ke dalam satu platform, melalui teknologi digital,” kata Yasonna. “Konvergensi media adalah sebuah metode yang menggabungkan tiga unsur C yaitu computing, communication, dan content,” ujar Yasonna Laoly saat membuka kegiatan Seminar Nasional dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2021, di Graha Pengayoman Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Jakarta, Kamis (4/2).

Seminar nasional ini menghadirkan sejumlah narasumber, diantaranya, Wakil Menkumham Edward OS Hiariej, Ketua Umum PWI Pusat, Atal S Depari, Staf Ahli Ketua Umum PWI Wina Armada, CEO JPNN Auri Jaya, dan Wakil Ketua Dewan Pers Hendry Ch Bangun.

Menurut Yasonna Laoly, konvergensi teknologi memungkinkan satu gawai mampu melakukan banyak hal, seperti bertelepon, mengirim e-mail, texting atau chatting, menonton video, membaca buku, dan lainnya.

“Konvergensi (media) barangkali menjadi alternatif yang perlu dipikirkan kedepan,” kata Yasonna dalam keynote speech yang bertemakan “Regulasi Negara dalam Menjaga Keberlangsungan Media Mainstream di Era Disrupsi Media Sosial”.

Beberapa contoh konvergensi telekomunikasi dan penyiaran yang kini bisa disaksikan antara lain: Internet Broadcasting Service, IPTV (Internet Protocol Television), VOD Service (Video-on-Demand), DVB (Digital Video Broadcasting), Data Broadcasting, Pay TV, Cable TV, dan sebagainya.

Di Amerika, kata Yasonna Laolt, selain melalui TV, Disney juga membuat siaran streaming program siarannya. NBC bekerja sama dengan YouTube.

“Di Indonesia juga sudah terjadi siaran televisi maupun radio dapat dinikmati secara streaming. Beberapa portal news juga menampilkan video atau bekerja sama dengan stasiun televisi,” ujarnya.

Dalam konvergensi, selain kesiapan dari industri media, salah satu tantangan lain yang perlu diperhatikan adalah persoalan regulasi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.