Menlu RI-Brasil Sepakati Persetujuan Bebas Visa Kunjungan

Menteri Luar Negeri RI, Retno L.P. Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Republik Federasi Brasil, Aloysio Nunes Ferreira [dok. kemlu]
BOGOR,Harnasnews.Com –  Menteri Luar Negeri RI, Retno L.P. Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Republik Federasi Brasil, Aloysio Nunes Ferreira, di Bogor (11/5). Kunjungan ke Indonesia ini merupakan yang pertama kalinya bagi Menlu Ferreira.

Indonesia dan Brasil telah menjalin kemitraan strategis sejak 2008. Kunjungan ini menjadi momentum baik bagi keduanya untuk menegaskan kembali komitmen peningkatan hubungan bilateral RI – Brasil dan merevitalisasi kerja sama mitra strategis serta sejumlah mekanisme bilateral yang ada. Selain itu, Menlu RI juga memanfaatkan pertemuan untuk semakin membuka akses pasar bagi produk-produk Indonesia di Amerika Latin, seperti ikan, kelapa sawit, dan karet.

Dalam pertemuan, kedua Menlu juga membahas upaya untuk meningkatkan kerja sama perdagangan, pertanian, dan people to people contact melalui bebas visa kunjungan wisata. Selain itu, pertemuan juga membahas isu-isu kerja sama multilateral dan regional yang menjadi perhatian bersama. Menlu Brasil juga menyampaikan surat permohonan maaf terkait penundaan rencana kunjungan Presiden Brasil ke Indonesia yang sedianya dilakukan 10 – 12 Mei 2018.

Hasil pertemuan bilateral tersebut adalah disepakatinya oleh kedua Menteri, 3 dokumen, yaitu Pertukaran Nota antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Republik Federasi Brasil Mengenai Pembebasan Visa Bagi Pemegang Paspor Biasa; MoU Perubahan Persetujuan antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Republik Federasi Brasil Mengenai Pembebasan Visa Untuk Paspor Diplomatik dan Dinas; dan MoU Kerja Sama Teknik antara Pemerintah Republik Indonesia Dan Pemerintah Republik Federasi Brasil.

Leave A Reply

Your email address will not be published.