Mentan: Nilai KUR untuk Petani Milenial Capai Rp6 Triliun

Tujuan kerja sama itu untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produk hasil peternakan, memberikan nilai tambah, dan daya saing produk hasil peternakan, serta meningkatkan pendapatan dan taraf hidup peternak yang tergabung dalam koperasi dan UMKM. Termasuk juga di dalamnya akan mensinergikan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan dana koperasi.

“Petani petani milenial ini nanti juga akan kita hubungkan dengan Mas Teten (Menteri Koperasi dan uKM) yang mana yang bisa dikorporasi. Sehingga akselerasinya makin bisa tinggi makin lebih besar kemudian jangkauan market-nya bisa lebih pasti,” ucapnya, dilansir dari antara.

Menteri Syahrul optimistis petani milenial bisa berkembang lebih besar. Ia pun mencontohkan petani hortikultura di Jawa Barat yang sukses menjadi pengusaha cabai Katokkon. Sebanyak 11 orang petani milenial yang mengurus lahan seluas 38 hektar tersebut mampu meraup omset senilai Rp1,5 miliar per hektar.

“Ini kan sebenarnya sudah bisa dikorporasi ini. Hasilnya bisa di sambal bottling dan lain-lain, sehingga jangkauan market-nya bisa besar,” tuturnya. (qq)

Leave A Reply

Your email address will not be published.