Menteri Basuki : Venues dan Penataan Kawasan Komplek GBK Sudah 99 Persen

Menteri Basuki mengatakan penyerahan prasarana dan sarana, serta penanda pelaksanaan Asian Games ke-18 di Kompleks GBK akan dipusatkan di sekitar patung Bung Karno GBK. “Monumen Bung Karno sudah selesai dan Insya Allah siap untuk diresmikan. Monumen ini secara simbolis akan menjadi penanda dimulainya Asian Games 2018,” tegas Menteri Basuki.

Menteri Basuki juga menceritakan penyelenggarakan Asian Games 2018 di Indonesia merupakan momentum ke dua setelah digelar tahun 1962 lalu dengan jumlah peserta hanya 1.100 atlit untuk kurang dari 20 cabang olahraga. Penyelenggaraan Asian Games 2018 akan melibatkan 15 ribu atlit dengan 40 cabang olahraga. Oleh karenanya, secara teknis semua venue harus tersertifikasi secara internasional sesuai cabang olahraganya masing-masing.

Mengenai pendanaan untuk pemeliharaan Kompleks GBK, Menteri Basuki mengatakan kepada pihak pengelola GBK bahwa semua venue didesain multi fungsi yang bisa menjadi sumber pemasukan, sehingga untuk pemeliharaannya bisa dilakukan secara mandiri.

Pembangunan dan renovasi venue dan bangunan pendukung di Kompleks GBK dilaksanakan sejak tahun 2016. “Untuk anggaran di Kompleks GBK secara keseluruhan mencapai Rp. 3,7 triliun,” terang Menteri Basuki.

Sementara itu untuk mendukung promosi Asian Games, Menteri Basuki telah menginstruksikan agar pegawai Kementerian PUPR baik di pusat maupun balai-balai dan satuan kerja di seluruh Indonesia turut terlibat. “Kita sedang buat kaos berlambangkan Asian Games Indonesia. Kita akan buat juga untuk setiap balai di daerah. Setelah Lebaran akan kita lebih giatkan (promosi Asian Games ke-18) dengan kegiatan-kegiatan lainnya,” tutup Basuki.

Turut hadir mendampingi Menteri Basuki, Direktur Jenderal Cipta Karya PUPR Sri Hartoyo, Direktur Bina Penataan Bangunan Ditjen Cipta Karya PUPR Iwan Suprijanto, Kepala Biro Komunikasi Publik Endra S. Atmawidjaja.(Red/Dar)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.