Menteri Puspayoga Inisiasi Koperasi Jadi Pengelola Pasar Rakyat

Bangli,Harnasnews.Com  – Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga meresmikan beroperasinya Pasar Rakat Desa Bayunggede, Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali, Selasa (16/1/2018). Penandatanganan prasasti menandai peresmian pasar tersebut. Pasar Rakyat Bayunggede termasuk dalam program revitalisasi Kementerian Koperasi dan UKM yang sumber anggarannya berasal dari dana tenaga pembantuan tahun 2017 sebesar Rp 684 juta.

Hadir dalam acara peresmian ini, yakni Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kemenkop dan UKM I Wayan Dipta, Bupati Bangli I Made Gianyar, Kadiskop UKM, Tenagakerja, dan Transmigrasi Bangli, para pimpinan bank penyalur KUR, perwakilan pengurus koperasi dan pelaku UKM, pemuka agama, serta tokoh masyarakat dan tokoh adat.

“Besar harapan kami dengan diresmikannya Pasar Desa Bayunggede ini dapat memberikan manfaat besar bagi para pedagang dan masyarakat di sekitarnya,” kata Menteri Puspayoga dalam sambutannya.

Program revitalisasi pasar rakyat merupakan implementasi program kerja Kabinet Kerja yang diarahkan kerjasamanya antara pemerintah pusat dan daerah, serta koperasi sebagai pengelola. Pemerintah pusat menyediakan anggaran yang bersumber dari APBN, sedangkan pemda menyediakan lahan untuk lokask pasar.

Dalam upaya meningkatkan produktivitas rakyat dan saya saing di pasar internasional pemerintah pusat berencana membangun 5.000 pasar tradisional di seluruh Indonesia dan memodernisasi pasar tradisional yang sudah ada. Sejak 2015-2017 sudah sebanyak 196 unit pasar tradisional telah direvitalisasi yang pengelolaannya diserahkan kepada koperasi.

Revitalisasi Pasar Rakyat Bayunggede sendiri merupakan solusi dari kendala yang selama ini dihadapi para pedagang, yakni dalam hal kesulitan dalam akses pasar, serta ketersediaan tempat usaha yang layak. Selanjutnya, menurut Puspayoga akan lebih baik pengelolaan pasar tradisional ini diserahkan penuh kepada Koperasi Kerta Wisata Bayunggede.

“Pengelolaannya harus dibuatkan koperasi pasar. Harus mencontoh koperasi pasar di Klungkung Srinadi. Itu sudah mampu membangun toko bangunan, supermarket pariwisata. Ini kan pengelolannya profesional,” tandasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.