Musim Hujan KPH Ropang Tanam Kayu

SUMBAWA,Harnasnews.com  – Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Ropang saat ini sedang gencar melakukan penanaman pohon di sekitar embung mama. Ditemui diruang kerjanya KPH Ropang Muhammad Hazairin kepada wartawan media ini mengatakan jika saat ini sedang melakukan penanaman pohon kayu.

“Untuk program tahun ini ada penanaman pohon kayu. Dan ini merupakan program dari pusat,”ungkapnya kepada (29/1/2020).

Menurut Iyen sapaan akrab huzairin ini merupakan penyulaman pohon yang tidak tumbuh tahun lalu.

“Kita kan ada program penyulaman. Misalnya di embung mama. Dari 100 hektar yang kita taman itu tentu tidak tumbuh semua. Dan ini yang kita kerjakan tahun ini. Jika 100 hektar yang kita lakukan penyulaman hanya 20 persen dari 100 hektar itu, “tandas Iyen.

Dikatakan Iyen, sedangkan jenis kayu yang kita tanam di lokasi embung mama tersebut adalah jenis kayu beringin, trengguli, nangka dan kemiri.

“Kayu yang kita tanam adalah beringin, kemiri, trengguli dan nangka. Penanman pohon kayu tersebut melibatkan anggota kelompok masyarakat setempat, “terang Iyen.

Disebutkan Iyen, adapun yang sering menjadi kendala dilapangan, ketika terjadi kondisi panas seperti yang terjadi tahun lalu. Maka tentu banyak pohon yang kita tanam banyak yang mati.

“Jika terjadi kondisi panas maka banyak pohon yang telah kita tanam akan mengalami kekekringan dan mati,”kata Iyen.(Herman)

Leave A Reply

Your email address will not be published.