Musrenbang Mustikajaya, Konsolidasi Pencapaian Hasil Pembangunan Dengan Fokus Prioritas

KOTA BEKASI, Harnasnews.com – Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kelurahan mulai dilakukan secara serentak di 56 kelurahan, 12 kecamatan Kota Bekasi pada Kamis (20/01/22).

Hadir dalam kegiatan itu, anggota DPRD Kota Bekasi dari Dapil 3, Solihin  di kelurahan Mustikajaya, kecamatan Mustikajaya, dalam rangka penyusunan RKPD tahun 2023.

Dengan tema Konsolidasi ketercapaian hasil pembangunan’ itu, lurah Mustikajaya Mochamad Sunaryadi menuturkan bahwa pelaksanaan Musrenbang menjadi media interaktif bagi segenap elemen kelurahan dalam peningkatan program.

“Serta rekomendasi kebijakan guna mendukung implementasi program, tahun anggaran berikutnya membangun komitmen bersama di antara pemangku kepentingan dalam pencapaian pemerataan pembangunan,” kata Lurah Mustikajaya.

Lebih lanjut ia menuturkan bahwa peningkatan pelayanan di Kota Bekasi dengan perencanaan yang matang yang telah tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Beksi 2018-2023.

“Oleh karena itu, pada kesempatan yang baik ini dalam acara musrenbang RKPD kota Bekasi tahun 2023 tingkat kelurahan Mustikajaya dengan tema Konsolidasi ketercapaian pembangunan dengan fokus prioritas, yang pertama adalah penguatan tingkat kematangan Bekasi sebagai kota cerdas, yang kedua adalah penguatan daya dukung lingkungan kota dan ketiga adalah penguatan ketahanan terhadap bencana sosial, ekonomi ataupun alam,” imbuhnya.

Semua itu diimplementasikan melalui kesadaran akan lingkungan, pemanfaatan tekhnologi yang maksimal serta pola pikir masyarakat modern dengan kesiapan sumber daya manusia, energi serta infrastruktur serta berkelanjutan pelaksanaan program pembangunan.

“Diharapkan melalui konsolidasi ketercapaian hasil pembangunan dengan fokus prioritas dapat mengatasi permasalahan dan meningkatkan pembangunan khususnya di kelurahan Mustikajaya,” katanya.

Jumlah usulan Musrenbang sendiri telah dirangkum, pertama adalah program 100 hari kerja kepala daerah yang diusulkan 3 dan sudah terealisasi 2 program. Forum Komunikasi RW mengusulkan 5 usulan dan sudah terealisasi 1 kegiatan.

Sedangkan usulan pada reses 3 anggota DPRD tahun anggaran 2021 sebanyak 94 usulan dengan urutan 5 besar di RW 14 dengan usulan 20 kegiatan, RW 31 dengan usulan 16 kegiatan, RW 27 dengan usulan 11 kegiatan, RW 22 usulan 26 kegiatan dan RW 033 usulan 6 kegiatan.

Setidaknya ada 352 usulan untuk seluruh kelurahan Mustikajaya. Dengan menerapkan protokol kesehatan, kegiatan diikuti 70 persen undangan, dan selebihnya melalui virtual dengan aplikasi Zoom Meeting.

Leave A Reply

Your email address will not be published.