Musrenbang Tingkat Kelurahan Dimulai, Mayoritas Usulan Infrastruktur dan Penanganan Banjir

KOTA BEKASI, Harnasnews.com – Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kelurahan mulai dilakukan secara serentak di 56 kelurahan, 12 kecamatan Kota Bekasi pada Kamis (20/01/22).

Di Kelurahan Mustikajaya, kecamatan Mustikajaya, usulan masih seputar infrastruktur serta penanganan banjir di wilayah.

“Untuk usulan lumayan cukup banyak, terutama infrastruktur kemudian saluran air, itu mayoritas usulannya seperti itu lalu untuk sosial ekonomi juga ada tapi lebih condong ke infrastruktur dan saluran air karena posisi di Mustikajaya terutama di mutiara gading masih rentan terhadap banjir,” kata Ketua LPM Mustikajaya Saefudin

Jalan lingkungan (Jaling) merupakan usulan prioritas yang disampaikan oleh para RW. Sedangkan usulan pada reses 3 anggota DPRD tahun anggaran 2021 sebanyak 94 usulan dengan urutan 5 besar di RW 14 dengan usulan 20 kegiatan, RW 31 dengan usulan 16 kegiatan, RW 27 dengan usulan 11 kegiatan, RW 22 usulan 26 kegiatan dan RW 033 usulan 6 kegiatan.

“Dari sekian banyak untuk tahun lalu, karena situasi masih pandemik, jadi sebagian apbd larinya ke covid, baru realisasi di akhir-akhir tahun kemarin itu anggaran susulan itupun baru berapa persen, nanti akan di riview kembali diusulkan ulang oleh para ketua RW itupun pakai skala prioritas,” katanya.

Setidaknya ada 352 usulan untuk seluruh kelurahan Mustikajaya. Dengan menerapkan protokol kesehatan, kegiatan diikuti 70 persen undangan, dan selebihnya melalui virtual dengan aplikasi Zoom Meeting.

Ketua Forum RW, M. Mubakhi, Hans menuturkan bahwa Jumlah usulan Musrenbang sendiri telah dirangkum, pertama adalah program 100 hari kerja kepala daerah yang diusulkan 3 dan sudah terealisasi 2 program. Forum Komunikasi RW mengusulkan 5 usulan dan sudah terealisasi 1 kegiatan.

“Itu sangat antusias sekali mudah-mudahan apa yang direncanakan dari pra Musrenbang ini akan bermanfaat lingkungan Mustikajaya, dan terima kasih kepada pak lurah kita, mudah-mudah berkah,” katanya.

Usulan yang menjadi Urgensi di wilayah kelurahan Mustikajaya masih pada penanganan banjir terutama di RW 31 yang sering terjadi banjir jika hujan deras.

“Semoga usulan dapat terealisasi semua dengan aman dan tenteram,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua RW 09 kelurahan Mustikajaya Muhamad Toha berharap bahwa usulan terkait infrastruktur di wilayahnya dapat segera terealisasi. Ada 9 usulan yang diajukan oleh RW 09 meliputi infrastruktur, budaya dan ekonomi.

“Untuk saat ini yang dibutuhkan adalah insfratruktur karena berjalannya waktu, masih banyak yang rusak akibat banjir, itu diusulkan untuk perbaikan jalan,” katanya.

Gerakan secara swadaya juga dilakukan oleh warganya jika memang fasilitas yang dibutuhkan sangat mendesak.

“Ada juga tapi itu sebagian kecil karena sifatnya untuk tambal sulam yang sifatnya urgen kemudian dari pemerintah belum ada realisasi,”

Ia berharap pembangunan di kelurahan Mustikajaya akan semakin berkembang. Diketahui, Musrenbang 2022 dalam rangka penyusunan RKPD tahun 2023, Dengan tema Konsolidasi ketercapaian hasil pembangunan. (Mam)

Leave A Reply

Your email address will not be published.