Ombusdman Apresiasi Pelayanan Puskesmas Omben Untuk Lebih Baik Lagi

BERITA

SAMPANG, Harnasnews – Dalam Rangka memantau kualitas  Pelayanan Publik di daerah, Anggota Ombusdman Provinsi Jawa Timur melakukan kunjungan kerja ke Puskesmas Omben, yang berada di Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang, Madura pada Selasa (01/08/2023).

Kehadiran Ombusdman Jatim, Achmad Azmi bersama Tim, diterima langsung oleh Kepala Puskesmas Omben, Dr. Yuanita Purnamawati beserta jajarannya. Diketahui bahwa pelayanan puskesmas dimulai pada pukul 07.30 hingga 14.00 WIB,  terlihat beberapa pasien yang sedang menyelesaikan pengobatan pada saat itu.

Kepala puskesmas Omben menerangkan, bahwa Ombusdman merupakan lembaga negara yang mempunyai kewenangan mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik, baik yang diselenggarakan oleh negara atau pemerintahan.

“Hari ini Ombusdman berkunjung untuk menyampaikan hasil temuan temuan secara langsung Kepada kami, supaya ditindaklanjuti dengan perbaikan pelayanan puskesmas. Ombusdman merupakan lembaga independen yang tidak bisa dipengaruhi oleh lembaga – lembaga lain,” kata Yuanita.

Sementara puskesmas Omben merupakan salah satu lokasi Khusus untuk penilaian dari 7 lokasi yang di kunjungi oleh Ombusdman dan tim, yang terdiri dari 5 OPD dan 2 Puskesmas.

Yerdapat beberapa rekomendasi yang diberikan oleh Ombusdman, yang meliputi pelayanan puskesmas terutama untuk pasein khusus, seperti disabilitas, lensia, ibu hamil dan melahirkan.

Diketahui Puskesmas Omben sudah ada sarana prasarana, serta sudah ada ruangan khusus untuk menyusui, pendampingan khusus, perlakuan khusus. Puskesmas juga ada penyuluhan khusus, dan kunjungan khusus kerumah-rumah secara door to door.

“terdapat saran dari hasil kunjungan Ombusdman, perbaikan dan pelayanannya harus ditingkatkan lagi. Serta pengaduan harus ada nama juga nomor kontak yang bisa dihubungi, dan kotak pengaduan harus ada di ruang tunggu, serta melalui media Sosial,” tutup Kepala puskesmas Omben.(Sib)

Leave A Reply

Your email address will not be published.