Optimalkan Fungsi Posyandu,Puskesmas Togo-Togo laksana kan Refreshing Kader


Jeneponto,Harnasnews.com – Ratusan kader posyandu se-Kecamatan Batang Kabupaten Jeneponto antusias menghadiri kegiatan Refreshing Kader yang dilaksanakan oleh Puskesmas Togo-Togo, Senin 24 Juni 2019.

Acara tersebut ber tempat di Aula Kantor Kecamatan Batang,

Hadiri dalam acara ini Kepala Wilayah Kecamatan Batang, Kepala Puskesmas Togo-Togo dan perwakilan Dinas Kesehatan yang sekaligus bertindak sebagai pemateri.

Kepala Wilayah Kecamatan Batang Muh. Hatta, SH dalam sambutannya mengatakan bahwa “kegiatan ini merupakan produk lama yang kembali dihidupkan. ” Kita berharap bahwa persoalan kesehatan memang harus melibatkan semua unsur pemerintahan di kecamatan batang, agar dapat mening katkan aspek kesehatan.”

Hal yang sama disampaikan oleh Kepala Puskesmas Togo-Togo, Saparuddin, SKM dalam sambutannya juga mengingatkan kembali tugas dari setiap kader adalahq “Keberadaan kader posyandu diharap kan dapat membantu untuk mendeteksi tumbuh kembang anak karena kegiatan posyandu merupakan kegiatan bersumberdaya masyarakat, dan puskesmas sebagai fasilitatornya”, ucapnya.

Adapun pemateri, Erfina Marsaoly, SKM., M.Kes banyak menyegarkan pengetahuan para kader akan sistem informasi posyandu.

“Kegiatan posyandu bukan hanya sebatas penimbangan berat badan, tapi juga harus dilakukan 6 laporan pencatatan ibu hamil, kelahiran bayi dan kematian bumil, melahirkan/nifas, register bayi dan balita, register ibu hamil dan nifas, register WUS-PUS, data posyandu serta data hasil kegiatan posyandu”, tuturnya.

Pemateri lainnya, Suriani, SKM., M.Kes menambahkan “Tugas kader bukan hanya sekedar menimbang, tapi juga meliputi 5 langkah yaitu pendaftaran, penimbangan, pencatatan hasil penimbangan, penyuluhan dan pelayanan gizi serta pelayanan kesehatan. Karena pada prinsipnya, posyandu adalah dari, oleh dan untuk masyarakat”, ujarnya.

Kegiatan ditutup dengan pemberian doorprize kepada kader posyandu yang terlibat aktif, sehingga menambah semarak kegiatan.

Diharapkan kedepan nya, dengan terlak sananya kegiatan refreshing kader ini akan mampu meng optimalkan fungsi posyandu sebagai bagian dari upaya dalam mewujudkan gerakan masyarakat hidup sehat.
(Saparuddin)

Leave A Reply

Your email address will not be published.