Panglima TNI: KRI Alugoro-405 Wujud Mitra Strategis Indonesia-Korsel

JAKARTA, Harnasnews.com – Panglima Tentara Nasional Indonesia Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyebut Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Alugoro-405 merupakan wujud kemitraan strategis antara Indonesia dan Korea Selatan (Korsel) dalam membangun kerja sama bidang pertahanan.

KRI-Alugoro-405 merupakan kapal selam buatan PT PAL Indonesia di Surabaya, Jawa Timur, bekerja sama dengan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME), perusahaan pembuat kapal dan alat dan teknologi kelautan asal Korea Selatan.

“Apa yang ada di hadapan kita sekarang adalah bukti kehebatan dan kecintaan anak bangsa kepada negaranya serta kecintaannya kepada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sebuah karya terbaik yang dihasilkan dari kemitraan strategis antara Indonesia dan Korea Selatan,” kata panglima TNI saat meresmikan KRI Alugoro-405 sekaligus mengukuhkan Komandan KRI Alugoro-405 di Dermaga Selat Lampa, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Selasa.

Letkol Laut (P) Ahmad Noer Taufik pun jadi komandan pertama KRI Alugoro-405.

Hadi lanjut mengatakan KRI Alugoro-405 merupakan salah satu langkah TNI mendukung modernisasi alat utama sistem senjata (alutsista) sebagaimana telah direncanakan oleh Kementerian Pertahanan demi memenuhi kekuatan pokok minimum (MEF) pada 2024.

KRI Alugoro-405 pun saat ini resmi menjadi bagian dari Satuan Kapal Selam Komando Armada (Koarmada) II TNI Angkatan Laut (AL) di Fasilitas Pelabuhan (Faslabuh) TNI AL Selat Lampa, Natuna.

Leave A Reply

Your email address will not be published.