Parcel Dengan Tanaman, Kenapa Tidak?

Sejak setahun yang lalu, Rika mulai menerima pesanan parcel berupa tanaman hias. Meskipun pasarnya belum seramai parcel makanan, namun menurut Rika, ada trend permintaan. ” Permintaan dari tahun kemarin ada peningkatan, apalagi saat ini sedang booming tanaman hias, jadi yang di kasih akan merasa senang. Kalau makanan kan sudah umum. Natal tahun baru dan lebaran seperti ini biasanya ada banyak permintaan” Ujar nya.

Usaha Parcel tanaman hias ini belum begitu menjadi fokus Rika. Karena dia harus membagi waktu dengan usaha yang lain. ” Sebetulnya khusus untuk Parcel tanaman hias ini belum menjadi fokus saya. Saya hanya melayani pesanan pesanan khusus saja. Karena memang belum menjadi trend di Indonesia. Beberapa kali saya sempat mengirim Parcel ke luar Pulau. Kesulitannya adalah pada teknis pengemasannya. Disana harus saya lakukan sendiri, karena anak buah belum bisa melakukannya. Jadi saya yang mengemas, anak saya membantu membuat design kartunya” paparnya

Berbagai jenis tanaman hias bisa untuk dijadikan isi Parcel, dari mulai jenis Philodendron, Calathea, Epiprenum, Anthurium dan lain – lain. Mengenai Harga, tentu Akan tergantung dari jenis Dan ukuran tanamannya.

Rika menggeluti usaha tanaman hias sudah lebih dari 10 tahun. Dengan memanfaatkan lahan di samping rumah dan lantai dua rumahnya di Kp. Caringin, Banjarsari, Kecamatan Ciawi,  Kabupaten Bogor, Rika membudidayakan tanaman hiasnya.

Rika berharap kedepan Parcel Tanaman hias akan menjadi trend baru, yang akhirnya berdampak positif bagi petani tanaman hias. Saat ini Rika juga bergabung dalam wadah Asosiasi Pecinta Tanaman Hias Indonesia atau di singkat ASTATHi. (Cj)

Leave A Reply

Your email address will not be published.