JAKARTA, Harnasnews – Kalangan pelaku usaha berharap Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan bisa mengembalikan kepercayaan konsumen dengan memastikan berbagai kebutuhan pangan dalam stok yang aman dan harga yang stabil.

“Kita pelaku usaha mengharapkan Pak Zulhas mampu mengembalikan kepercayaan konsumen, memastikan berbagai kebutuhan pokok pangan baik untuk masyarakat maupun dunia usaha pada posisi stok yang terjamin dengan stabilisasi harga yang stabil,” kata Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Pengembangan Otonomi Daerah Sarman Simanjorang dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Kamis.

Menurut Sarman, Menteri Perdagangan yang baru harus mampu mengembalikan tingkat kepercayaan konsumen dengan menjaga psikologi pasar, khususnya pasca ketersediaan stok dan harga minyak goreng yang sempat bergejolak beberapa waktu lalu.

Dia berharap bekal pengalaman kepemimpinan yang dimiliki Zulkifli Hasan yang juga merupakan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) dapat melakukan koordinasi dan komunikasi dengan kementerian terkait seperti Kementerian Pertanian.

Mendag juga diharapkan menjalin komunikasi dan koordinasi yang baik dengan pemangku kepentingan lainnya seperti pelaku usaha perkebunan sawit, produsen minyak goreng, eksportir, para agen, sampai ke pedagang ritel.

Menurut dia, harga pokok pangan yang rentan bergejolak harus dilakukan pengawasan dan pengendalian baik dari sisi stok dan harga seperti daging, gula, telur, cabai, beras, tepung dan sebagainya.