Pemanfaatan Internet di Era Digital Bantu Para Pelaku UMKM

Di tempat yang sama, Dirjen Aptika Kemenkominfo, Semuel A Pangerapan mengatakan kehadiran pandemi Covid-19 di tengah pesatnya perkembangan teknologi telah mengubah cara masyarakat dalam beraktivitas dan bekerja. “Kehadiran teknologi sebagai bagian dari kehidupan di masyarakat inilah yang mempertegas bahwa kita sedang menghadapi era disrupsi teknologi,” ujarnya.

Untuk menghadapi hal tersebut, lanjut Semuel, dibutuhkan kerja sama masyarakat dalam mewujudkan agenda transformasi digital di Indonesia.

Salah satu pilar penting terwujudnya agenda transformasi digital adalah menciptakan masyarakat digital dimana kemampuan literasi digital menjadi salah satu peranan penting di dalamnya

Sementara itu, Owner Teribajak.com, Windi Septia Dewi mengakui bahwa perkembangan teknologi dunia mengalami kemajuan yang sangat pesat di saat pandemi seperti ini, kondisi inilah yang harus menjadi perhatian dari pelaku UMKM. “Sama halnnya jika kita sudah punya toko offline sekalipun, kita tetap butuh toko online. Apalagi pandemi ini bikin kita mengalami keterbatasan untuk berinteraksi dengan konsumen secara offline,” ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan Owner Flowa.co, Cory Claudia. Ia mengatakan jasa rias bunga yang digelutinya memilih marketing melalui media sosial. “Kita punya admin yang secara khusus mengatur konten-konten yang berkaitan dengan produk kami,” jelasnya. (**)

Leave A Reply

Your email address will not be published.