Pemberdayaan Keahlian Dan Bakat WBP Terus Dilakukan Rutan Bangil

BERITA

PASURUAN, Harnasnews – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Bangil terus menggali kreatifitas serta bakat Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), untuk sarana pembinaan kemandirian bagi WBP selama menjalani masa hukuman.

Salah satunya program pembinaan kemandirian WBP, dengan adanya bengkel otomotif yang berada didalam Rutan Kelas IIB Bangil Kanwil Kemenkumham Jawa Timur, yang sengaja memperkerjakan WBP sebagai aktualisasi diri WBP yang mempunyai bakal di bidang otomotif.

Kepala Rutan Bangil Akhmad Sobirin Soleh saat ditemui pada Senin (9/10/2023) siang melakukan sidak ke Bengkel otomotif. Disana Kepala Rutan mengecek kegiatan para warga binaan yang beraktifitas di dalam Bengkel.

“Dengan berkegiatan di Bengkel Otomotif, harapannya para warga binaan akan menjadi pribadi yang berkarakter baik, patuh dan memiliki keterampilan sebagai bekal mencari penghasilan yang halal dan baik setelah bebas dari dalam Rutan nantinya,” katanya.

Sobirin juga menerangkan, banyak warga binaan didalam Rutan yang mempunyai kemampuan serta bakat. Salah satu bakanya dalam otomotif yang harus dikembangkan.

“Kita dari pihak Rutan hanya memberikan fasilitas tempat dan peralatan, banyak kendaraan petugas Rutan yang diperbaiki oleh warga binaan. Sedangkan untuk sparepartnya kita beli sendiri lalu membawa kedalam rutan, dan untuk ongkosnya bisa buat tambahan warga binaan itu sendiri,” jelasnya.

Kepala Rutan Kelas IIB Bangil berharap program pembinaan kemandiriman di Rutan Bangil mendorong WBP memiliki keterampilan, ketika keluar dari Rutan sudah benar-benar siap kembali ke masyarakat.(Hid)

Leave A Reply

Your email address will not be published.