Pemda dan DPRD Sumbawa Usulkan Penambahan Kuota ke Dirjen Migas

Nasional

SUMBAWA,Harnasnews.com – Untuk menjamin pasokan LPG tabung 3 kg tetap aman Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa telah mengusulkan penambahan kuota melalui Gubernur Nusa Tenggara Barat kepada Dirjend Migas di Jakarta. Hal ini terungkap pada pertemuan Selasa (11/1) di kantor Bupati Sumbawa.

Pertemuan tersebut dipimpin oleh Asisten II Lalu Suharmaji Kertawija ST. hadir Ketua komisi 2 DPRD Kabupaten Sumbawa Berlian Rayes SAg, Kabid perdagangan Iwan Setiawan SP MSI. Kabag Perekonomian Dr. Dedi Wibowo. Dan Hiswana Migas Sumbawa bersama 8 Penyalur Agen LPG tabung 3 kg.

“Pemerintah Kabupaten Sumbawa telah mengusulkan penambahan kuota untuk tahun 2022 kepada Dirjen Migas melalui Gubernur NTB. Melalui Surat Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Nomor 541.1/929/Ekon-SDA/X/2021 Tanggal 21 Oktober 2021 Perihal Usulan Kuota Liquefied Petroleum Gas Tabung 3 Kg Kabupaten Sumbawa Tahun 2022 sebesar 11.783 MT” Jelas Dr Dedy.

Kemudian lanjutnya, Sekarang sekitar 10 persen rumah tangga miskin masih menggunakan minyak tanah, dan kemungkinan akan beralih. Sehingga itu menjadi potensi penambahan pengguna. Tapi sampai sekarang belum ada informasi, belum ada penetapan. Mudah-mudahan kuota itu bisa diberikan oleh pemerintah pusat,” ucapnya.

Dijelaskan, saat ini kuota LPG 3 Kilogram untuk kabupaten sumbawa sekitar 8.996 ribu metric ton, atau setara dengan hampir 3 juta tabung 3 kilogram per tahun. Kouta tersebut untuk sasaran Rumah Tangga/KK Miskin sebanyak 61.295 berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Dan 16.915 usaha mikro berdasarkan data UMKM Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sumbawa.

Sehingga rata-rata masyarakat menggunakan 2 hingga 3 tabung per bulan, atau masih dibawah angka kewajaran yakni 4 sampai 5 tabung per bulan.

“Memang ini masih dibawah angka rata-rata perkiraan berdasarkan hasil pemeriksan BPK yang disampaikan oleh pertamina itu, rata-rata konsumsi 4-5 tabung kewajaran, per KK atau per rumah tangga miskin, per bulan,” jelasnya.

Untuk meningkatkan pelayanan gas LPG, sedang dibangun SPBE di Kecamatan Unter Iwes, hal ini untuk mendekatkan pelayanan kepada masayarakat.

“Sekarang ini masih satu yang beroperasi di Kecamatan Maronge. Kedepan akan ada SPBE sekitar Kota Sumbawa, sehingga pengisian semakin dekat ke konsumen,” katanya.

Ia menegaskan, Pemda Sumbawa bersama pihak terkait termasuk agen dan pertamina, akan melakukan operasi pengawasan. Untuk mengantisipasi terjadinya penimbunan dan penjualan di atas harga HET.

“Ada beberapa informasi, ada penyalur atau pangkalan yang menjual di atas HET. Dia dulunya adalah pangkalan minyak tanah, sekarang beralih ke pangkalan gas. Kemudian di pangkalannya sudah semua terpampang indentitas dan harga HET-nya, tetapi ada yang menjual diatas HET. Ada pangkalan yang menyediakan antar jemput. Kalau ini, jika ada kelebihan harga tentu atas kesepaktan dengan konsumen karena ada biaya antar jemput itu tadi,” bebernya.

Untuk diketahui Saat ini di Kabupaten Sumbawa teradapat 8 Penyalur/Agen LPG Tabung 3 Kilogram. Yakni PT. Citra Bahana Migas, PT. Raffa Cahaya Gas, PT. Bahanan Migas Bersaudara, PT. Mita Biru Madyan, PT. Surya Mita Indah, PT. Sumbawa Elpiji Cahaya Utama, PT. Samawa Sabalong Perkasa Utama dan PT. Ombas Cahaya Gemilang.

Sementara itu, kepada media ini, Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Sumbawa Berlian Rayes SAg. Memberikan Apresiasi kepada Pemda Sumbawa

” Sejak pagi hingga siang Kami bersama Pemda dan Para Distributor berdiskusi membahas antisipasi kelangkaan gas LPG yang mulai dirasakan masyarakat, dan Patut diapresiasi, atas kangkah cepat dan tanggap Pemda Sumbawa untuk mengantisipasi permasalahan ini, yakni dengan mengundang para pihak, Pertamina dan para distributor/agen” jelas Berlian.

Kami mendukung langkah pemerintah daerah untuk meminta tambahan kuota LPG 3 Kg tersebut, mengingat semakin bertambahnya pengguna LPG 3 Kg.

“Meskipun demikian, Kami meminta Pemda untuk memperkuat pengawasan dalam penggunaan Elpiji agar sesuai sesuai dengan sasarannya”. Pungkas Berlian.(Herman)

Leave A Reply

Your email address will not be published.