Pemda Sumbawa Akan Evaluasi Bumdes

SUMBAWA, Harnasnews – Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa dalam waktu dekat akan melakukan evaluasi terhadap seluruh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang ada di 157 Desa di Kabupaten Sumbawa.

Wirawan Margana Kabid Pengembangan Ekonomi dan Kerja sama Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD),Sumbawa kepada wartawan, selasa (29/8) mengemukakan bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan mengevaluasi seluruh Bumdes yang ada di 157 Desa di Kabupaten Sumbawa.

“Insya Allah Oktober nanti kita akan panggil manager Bumdes melalui Tenaga Teknis Managemen (TTM), ” ungkapnya.

Menurutnya, hal ini dilakukan untuk melihat sejauh mana perkembangan bumdes yang ada di 157 Desa.

“Ini penting untuk kita lakukan. Agar kita bisa ketahui sejauh mana perkembangan bumdes. Karena di bumdes itu ada gelontoran dana yang harus diberikan kepada masyarakat petani miskin, ” paparnya.

Lanjutnya, selain itu juga nanti kita dapat mengetahui apakah ada kredit macet di bumdes tersebut.

“Jadi jika masyarakat yang belum membayar hutangnya di bumdes maka segeralah bayar. Karena kita bisa ketahui apa masalah di bumdes tersebut, ” jelasnya.

Tambahnya, karena yang kita ketahui dari ratusan bumdes di kabupaten Sumbawa ini hanya ada 13 bumdes yang dikategorikan baik.

“Berdasarkan pemantauan kami hanya 13 bumdes saja yang baik. Karena itu yang ada laporan perkembangannya setiap tahun, ” terangnya.

Diketahui pada pemerintahan Husni -Mo 8 tahun lalu ada sekitar puluhan miliar anggaran “kerabat” Digelontorkan untuk membantu masyarakat petani dan disalurkan melalui Bumdes. Namun, hingga saat ini perkembangan anggaran dana kerabat yang disalurkan melalui ratusan bumdes tersebut belum diketahui perkembangannya. (HR)

Leave A Reply

Your email address will not be published.