Pemdes Cilember Bogor Harapkan CSR dari Taman Wisata Curug Cilember

BOGOR, Harnasnews – Pemerintah Desa (Pemdes) Cilember, Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor berharap kepada pihak pengelola kawasan wisata Curug Cilember untuk menyalurkan Coorporate Sosial Responsibity(CSR) atau tanggung jawab sosial kepada masyarakat atau lingkungan sekitar.

“Permintaan kami ini cukup beralasan sebagaimana regulasi dari Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 47 Tahun 2012 Tentang Tanggung Jawab Sosial perusahaan terhadap lingkungan nya,” jelas Kepala Desa Cilember Suhendi Houvenir kepada harnasnews.com, dikantornya, Rabu (24/8/2022).

Suhendi menegaskan, regulasinya tak hanya PP Nomor 47 Tahun 2012 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan tapi UU Nomor 19 Tahun 2003 tentang Badan Usaha Milik Negara, UU Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, UU Nomor 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal, serta Peraturan Menteri BUMN Nomor 05/MBU/2007 tentang Program Kemitraan dan Bina Lingkungan dan Keputusan Menteri BUMN Nomor 236/MBU/2003 tentang Program Kemitraan dan Bina Lingkungan.

“Kalau bila merujuk dari beberapa regulasi diatas itu jelas menegaskan bahwa pada dasarnya setiap perusahaan sebagai wujud kegiatan manusia dalam bidang usaha, secara moral mempunyai komitmen untuk bertanggung jawab atas tetap terciptanya hubungan perusahaan yang serasi dan seimbang dengan lingkungan dan masyarakat setempat. Sesuai dengan nilai, norma, dan budaya masyarakat sekitar,” tuturnya.

Peraturan itu kata dia, sangat kontras dengan tanggung jawab pengelola yang terkesan abai terhadap lingkungannya. Padahal, kata dia, nama obyek wisata Curug Cilember jelas-jelas menggunakan nama Desa Cilember.

“Obyek wisata nya jelas-jelas mengunakan nama desa kami, akan tetapi sejak berdiri nya kawasan wisata ini kami belum pernah mendapatkan bantuan CSR atau dalam bentuk bantuan lainnya,” katanya.

Dia mengakui, secara geografis obyek wisata Curug Cilember itu bukan berada di desanya, namun ada diwilayah Kecamatan Megamendung tepatnya di Desa Megamendung.

Leave A Reply

Your email address will not be published.