Perpustakaan “SUMBER ILMU” SMA NEGERI 1 BABAT Mendapatkan Predikat Akreditasi A

Nasional

LAMONGAN,Harnasnews – Keberadaan perpustakaan di suatu sekolah angat penting. Bahkan karena sangat pentingnya keberadaan perpustakaan sekolah ini, pemerintah mencanangkan bulan September sebagai bulan gemar membaca dan hari kunjung perpustakaan.

Perpustakaan sekolah merupakan tempat belajar yang dapat mencetak generasi unggul sejak dini. Melalui perpustakaan sekolah siswa dapat melakukan kegiatan belajar mandiri gemar membaca.

Kepala Cabang Dinas (Kacabdin) Provinsi Jawa Timur Wilayah Lamongan, Hidayat Rahman menyampaikan bahwa SMAN 1 Babat Lamongan sudah banyak prestasi yang diraih di tingkat Kabupaten,Provinsi maupun tingkat Nasional.

Kali ini perpustakaan “SUMBER ILMU” SMA NEGERI 1 BABAT telah mendapatkan predikat Akreditasi A dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Rahman mengungkapkan,Akreditasi perpustakaan sekolah merupakan suatu hal yang baru, setelah sebelumnya akreditasi perpustakaan sekolah merupakan satu rangkaian dalam akreditasi sekolah.

Namun sekarang akreditasi perpustakaan sekolah telah berdiri sendiri.Akreditasi adalah pengakuan formal yang diberikan oleh badan akreditasi terhadap kompetensi suatu lembaga atau organisasi dalam melakukan kegiatan penilaian kesesuaian tertentu.tutur Rahman.

Sedangkan tujuan dari dilakukannya akreditasi secara umum adalah memberikan penilaian yang obyektif transparan dan berkelanjutan terhadap pelayanan suatu program dan satuan pendidikan berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan.

Apapun tujuan dari pelaksanaan akreditasi ini yang pasti akan meningkatkan kinerja dari semua indikator dalam institusi yang akan atau yang sudah terakreditasi.

Saya sangat bangga dengan SMAN 1 Babat Lamongan yang semakin sarat dengan prestasi. Dari data yang kami lihat, prestasi demi prestasi baik di tingkat provinsi bahkan nasional terus diraih.”Teruslah melangkah meski itu pelan karena dengan melangkah akan menjadikan kita semakin dekat dengan tujuan dan prestasi yang diinginkan.”Ujar Rahman.

Rahman juga berpesan,Perbanyaklah membaca serta pilihlah sekolah yang kental dengan pendidikan karakter dan moderasi beragama sehingga kelak menjadi generasi yang sanggup merawat bangsa jauh dari sifat radikal.

Sementara itu Kepala SMAN 1 Babat Lamongan,Sunardi menyampaikan rasa syukur dan berterima kasih kepada para guru,orang tua wali murid serta para siswa.berkat semua jajaran yang ada di SMAN 1 Babat perpustakaan Sumber Ilmu meraih predikat Akreditasi A.

Menurut Sunardi,dengan diraihnya Akredirasi A salah satunya bisa menjadi strategi untuk meningkatkan minat baca diperpustakaan.

Kata Sunardi,Perpustakaan Sekolah merupakan perpustakaan yang ada atau diselenggarakan di sekolah, baik itu sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, sampai sekolah lanjutan, seperti perguruan tinggi.

Didirikannya perpustakaan sekolah berguna untuk menunjang proses belajar baik itu siswa yang berada di sekolah dasar atau sekolah lanjutan, dengan menyediakan koleksi buku-buku pelajaran atau bacaan yang dapat menunjang proses pembelajaran, yang bertujuan untuk meningkatkan minat dan kebiasaan membaca.ujar Sunardi.

Betapa pentingnya keberadaan perpustakaan sekolah dalam menunjang pendidikan dan pembelajaran, maka sangat penting pula dilakukan akreditasi perpustakaan sekolah.

Tujuan dilakukannya akreditasi perpustakaan adalah untuk meningkatkan kepercayaan pemustaka terhadap kinerja perpustakaan serta menjamin konsistensi kualitas kegiatan perpustakaan.

Sedangkan manfaat yang didapat dari akreditasi bagi perpustakaan adalah meningkatkan motivasi semua unsur yang terlibat dalam pengelolaan perpustakaan untuk meningkatkan kinerjanya.Hal ini tentu saja sangat memotivasi kami untuk meraih prestasi lainnya,”tutup Sunardi.(PUL)

Leave A Reply

Your email address will not be published.