Pemdes Sumbersuko Berikan Pelayanan Pembuatan SIB Untuk Mewujudkan Ekonomi Mandiri

Berita

Kades Sumbersuko, H. Saiful Maarif memantau langsung pelayanan dalam acara

PASURUAN, Harnasnews – Pemerintah Desa (Pemdes) Sumbersuko, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan terus berusaha melakukan inovasi dalam meningkatkan Ekonomi Mandiri masyarakat dengan memberikan layanan terhadap pelaku UMKM Desa Sumbersuko.

Inovasi yang dilakukan Pemerintah Desa Sumbersuko dengan berkolaborasi dengan KKN Mahasiswa UNEJ kelompok 477, dengan memberikan Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Surat Izin Berusaha (SIB) bagi pelaku UMKM Desa Sumbersuko, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan.

Program yang dilaksanakan Pemdes bersama Mahasiswa KKN UNEJ pada hari Senin (08/08/2022) yang bertempat di Kantor Desa Sumbersuko, mendapat respon yang sangat baik dari masyarakat. Terlihat dengan banyaknya masyarakat yang datang untuk bisa mendapat pelayanan dan mendapatkan SIB.

Persyaratan yang sangat mudah, pelaku UMKM hanya membawa KTP, dan seluruh pelayanan yang diberikan tidak dipungut biaya apapun (Gratis).

Kepala Desa Sumbersuko, H. Saiful Ma’arif sangat terbantu dengan KKN Mahasiswa UNEJ ini, “dengan adanya pelayanan pembuatan SIB bagi pelaku UMKM di Desa Sumbersuko. Saya sangat terbantu untuk dalam menciptakan Ekonomi Mandiri bagi masyarakat Sumbersuko,” jelasnya.

Dijelaskan ketua KKN Mahasiswa UNEJ kelompok 477, Ronin Dutta Amanda “bagi pelaku UMKM memiliki SIB dapat memudahkan pelaku untuk mengembangkan usahanya. Kerana sudah terdaftar secara resmi di progam OSS yang dimiliki oleh pemerintah pusat,” ucapnya.

“Untuk kedepannya, Pemerintah Desa akan ikut memasarkan produk dari pelaku UMKM desa Sumbersuko yang sudah terdaftar SIB kepada Steakholder yang ada di wilayah Desa Sumbersuko. Ini juga komitmen Pemerintah Desa (Pemdes) untuk ikut mengembangkan Produk UMKM dalam mensuburkan Ekonomi Mandiri,” pungkas Kades Sumbersuko, H. Saiful Ma’arif.(Hid)

Leave A Reply

Your email address will not be published.