Pemdes Tamberu Barat Lakukan Perekaman e-KTP Massal 

SAMPANG, Harnasnews – Pelaksanaan perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) secara massal dan pembuatan Kartu Identitas Anak ( KIA) yang dilaksanakan di balai Desa Tamberu barat Sokobanah Sampang, Selasa (7/03/2023).

Perekaman e-KTP layanan yang dilakukan oleh Pemdes Tamberu Barat yang bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Sampang tersebut, guna untuk memudahkan masyarakatnya Pemdes Tamberu Barat, juga melayani perubahan Kartu Keluarga (KK) yang lama ke KK yang sudah ada bercodenya atau yang baru serta pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA).

“Kegiatan ini dimaksudkan guna memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan khususnya dalam masalah administrasi kependudukan,” ujar Abdul Haris selaku  Penjabat (Pj) Kepala Desa Tamberu  Barat.

Selain itu Pemdes Tamberu Barat juga memberikan ruang kepada masyarakat penyandang disabilitas untuk dilakukan perekamam e-KTP. Hal tersebut dilakukan secara dor to dor kerumah warga penyandang disabilitas.

Berdasarkan data yang diterima oleh media ini, terdapat 61 masyarakat yang melakukan perekman e-KTP baru, 30 penyandang disabilitas yang didatangi kerumah masing-masih, pembuatan Kartu Keluarga baru sebanyak 396, Kartu Identitas Anak (KIA) 240 anak dan 2 pembuatan Akte Lahir.

Menurut Abdul Haris, kegiatan semacam ini merupakan program berkelanjutan dan merupakan agenda resmi dari Pemerintah Desa.

Tidak hanya perekaman e-KTP layanan yang dilakukan oleh Pemdes Tamberu Barat yang bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) tersebut juga melayani perubahan Kartu Keluarga (KK) yang lama ke KK yang sudah ada bercodenya atau yang baru serta pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA).

“Kegiatan semacam ini adalah inisiasi dari kami (pemdes) Tamberu Barat, agar masyarakat yang belum memiliki e-KTP atau KK bisa mendapatkan secara mudah,” ucapnya

Menurut Abdul Haris, kegiatan semacam ini merupakan program berkelanjutan dan merupakan agenda resmi dari Pemerintah Desa Tamberu barat,

“Tak cukup hanya hari ini, nanti pasti ada lagi agenda semacam ini bagi yang belum sempat hadir di kesempatan ini. Alhamdulillah warga sangat antusias untuk mengikuti kegiatan ini,” imbuhnya.

Sementara Sekretaris Desa (Sekdes) Tamberu Barat Norholis mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Pemdes Tamberu Barat.

Menurut Holis sapaan akrabnya, ini salah satu bentuk kerja nyata yang dilakukan oleh Pemdes Tamberu Barat. Selain memudahkan masyarakat untuk mendapatkan administrasi kependudukan, hal tersebut juga memberikan ruang secara administrasi kepada perangkat desa untuk bekerja dengan tupoksinya.

“Biar perangkat aktif mencari data masyarakat tiap dusun yang tidak memiliki e-KTP dan KK agar tidak jauh-jauh membuat e-KTP ke Kecamatan atau Kantor Capil,” tutupnya (Anam)

Leave A Reply

Your email address will not be published.