Pengamat Sebut Fondasi Ekonomi Nasional Kian Terpuruk

JAKARTA, Harnasnews – Pengamat Ekonomi Faisal Basri mengatakan,  fondasi ekonomi nasional saat ini dinilai kian terpuruk. Meski  ada perubahan ekonomi, akan tetapi masih kerdil.

Faisal memprediksi bahwa produk domestik bruto (PDB) akan terus melambat, bahkan hingga 2024 mendatang.

“Sementara, para calon presiden saat ini belum kunjung menawarkan akan membawa Indonesia seperti apa,” ujar Faisal Basri saat memberikan paparan dalam Diskusi Awal Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Indef, Kamis (5/1/2023).

Bahkan terakhir, rata-rata pendapatan negara melandai dibandingkan negara-negara tetangga yang pada awal pembangunannya berada pada titik yang hampir sama dengan Indonesia dulu seperti Korea, china, Malaysia, Thailand.

“Sementara Vietnam dan Philipina sebentar lagi akan menyusul Indonesia,” katanya.

“Sektor penghasil barang, memang sudah pulih dari Covid 19 dan PDB pada 2022 mencapai 5,4 % lebih tinggi dari sebelum covid. Tetapi, strukturnya timpang sekali. Yang pulih adalah sektor jasa 7% – 11%,” imbuhnya.

Sementara, sebagian besar rakyat Indonesia masih bertumpu pada sektor penghasil barang. Sektor jasa hanya menopang sektor barang. seperti jasa transportasi dari hasil pertanian dan lain-lain.

Leave A Reply

Your email address will not be published.