JAKARTA, Harnasnews – Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Sudut Demokrasi Research and Analysis (Sudra) Fadhli Harahab mengatakan bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo harus menawarkan solusi atas masalah di masyarakat untuk menarik pemilih bimbang atau swing voters.

“Potensi kenaikan tergantung siapa cawapres yang akan diusung dan gagasan besar apa yang akan diperjuangkan. Perlu digarisbawahi, gagasan itu perlu disosialisasikan secara masif,” kata Fadhli dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, sebagian besar pemilik hak suara yang belum memutuskan pilihan tergolong sebagai pemilih rasional dan generasi milenial. Namun, untuk mendapat perhatian dari swing voters itu tidak cukup bagi Ganjar hanya dengan melakukan blusukan.

“Strategi dengan terjun langsung dan memberi solusi konkret, saya kira, paling ampuh untuk menggaet massa mengambang,” tambah Fadhli.

Ganjar juga harus berusaha memahami masalah apa yang masyarakat hadapi. Komunikasi yang baik dan efektif juga penting, sehingga ada kedekatan antara Ganjar dengan masyarakat dari berbagai sektor.