Penumpang KRL Yogyakarta-Solo Tunjukkan Tren Pertumbuhan Positif

YOGYAKARTA, Harnasnews.com – KAI Commuter selaku operator KRL Yogyakarta-Solo menyebutkan pertumbuhan penumpang kereta komuter tersebut menunjukkan tren yang positif, dilihat dari berbagai indikator seperti grafik penumpang yang naik hingga pertambahan jumlah pembelian kartu multi trip.

“Jumlah penumpang KRL Yogyakarta-Solo sudah berangsur-angsur naik setelah kebijakan pembatasan perjalanan selama libur Lebaran berakhir. Pada akhir pekan lalu bahkan mencapai sekitar 9.000 penumpang per hari,” kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba di Yogyakarta, Sabtu.

Menurut dia, penumpang KRL Yogyakarta-Solo justru mengalami kenaikan pada akhir pekan atau saat libur. Kondisi tersebut berbeda dengan karakter pengguna KRL di Jabodetabek yang justru padat saat hari kerja.

Pada akhir pekan atau saat penumpang padat, jumlah operasional KRL Yogyakarta-Solo pun bisa ditambah dengan menjalankan kereta tambahan.

“Sesuai grafik perjalanan, hanya ada 20 perjalanan KRL setiap hari. Namun, jumlah perjalanan bisa bertambah menjadi 21, 24 bahkan kami sempat menjalankan hingga 27 perjalanan untuk mengakomodasi kebutuhan penumpang,” katanya.

Selain dilihat dari grafik pengguna KRL, tren kenaikan jumlah penumpang pun bisa dilihat dari pembelian kartu multi trip (KMT) yang digunakan untuk mengakses perjalanan KRL Yogyakarta-Solo. Hingga saat ini, sudah terjual sekitar 200.000 kartu.

Selama masa larangan mudik, penjualan KMT dan kartu uang elektronik bank pun tetap meningkat yaitu masing-masing 7.384 unit dan 273 unit.

Leave A Reply

Your email address will not be published.