Penutupan Acara Pelatihan Dan Budidaya Mangrove TNI AL Oleh KADISPOTMARAL DI WANTILAN PURA DALEM PENATARAN SUWUNG DENPASAR BALI

Nasional

BALI,Harnasnews  – Mangrove adalah suatu tipe hutan yang tumbuh di daerah pasang surut, terutama di pantai yang terlindung, laguna dan muara sungai yang tergenang pada saat pasang dan bebas dari genangan pada saat surut yang komunitas tumbuhannya bertoleransi terhadap salinitas. Hutan mangrove memiliki fungsi dan manfaat secara fisik, ekologis dan ekonomis, 19 Juli 2022.

Secara fisik manfaat mangrove antara lain, sebagai perlindungan terhadap sedimentasi, abrasi dan instrunsi air laut, penahan badai dan angin yang bermuatan garam, serta untuk menurunkan emisi karbon.

Secara ekologis hutan mangrove berfungsi sebagai tempat hidup, perlindungan dan sumber pakan bagi biota laut dan spesies yang ada di sekitarnya. Sedangkan secara ekonomis hutan mangrove berfungsi sebagai tempat rekreasi wisata, sumber bahan baku untuk bangunan dan kayu bakar serta sebagai sumber mata pencaharian masyarakat sebagai nelayan penangkap ikan, udang, kepiting dan lainnya.

Berkaitan dengan pelestarian alam terutama didaerah pesisir pada hari Selasa tanggal 19 Juli 2022 bertempat di Area Mangrove dan Wantilan Pura Dalem Penataran Suwung, Banjar Sakah Desa Pemogan Kec. Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Prov. Bali, telah dilaksanakan Penanaman Bibit Pohon Mangrove sekaligus Penutupan Acara Pelatihan, Penanaman dan Budidaya Mangrove Pangkalan TNI AL Denpasar TA. 2022, bertemakan “Melalui Pelatihan dan Budidaya Mangrove TNI AL bersama Rakyat siap mendukung Program Penanggulangan Bencana, Perubahan Iklim dan Cuaca Global”. Dan kegiatan ditutup langsung oleh Kadispotmaral Laksma TNI dr. Agung Slamet Suradi, S.T., S.Sos, M.M.

Hadir dalam kegiatan tersebut Komandan Lanal Denpasar Kolonel Marinir I Dewa Nyoman Gede Rake Susilo, S.E., Perwira Staf Spotmaral Pasintel/Pgs. Paspotmar Lanal Denpasar Walikota Denpasar diwakili Kadis Kelautan dan Perikanan Dandim 1611/Badung diwakili Wadanramil 1611-02/Densel, Kapolres Denpasar diwakili Kasatpol Airud Kapolsek Densel, Kepala Tahura Ngurah Rai diwakili Bapak Made Yuda beserta Instruktur, Ibu Camat Denpasar Selatan, Kepala Desa Pemogan Perwakilan Jalasenastri Cabang 10 Korcab V DJA II dan Peserta pelatihan dari KUB

Dalam sambutannya Kadispotmaral mengatakan yang intinya Kegiatan pada pagi hari ini, kita melaksanakan penanaman Mangrove yg dilaksanalan dan diprakarsai oleh Lanal Denpasar sesuai dengan program kerja dan anggaran Dispotmaral TA. 2022 yg didukung oleh instansi terkait dalam rangka melestarikan lingkungan dari perubahan iklim global baik pasang surut dan sebagainya untuk melestarikan lingkungan.

Kegiatan dilaksanakan mulai dari pelatihan yg meliputi pelatihan teknis, cara menanam dan manfaat untuk meningkatkan perekonomian sehingga masyarakat bisa ikut melestarikan dan rasa memiliki.

Kegiatan ini adalah salah satu program dari pemerintah dan program internasional dlm rangka mendukung program hari mangrove internasional yaitu selamatkan bumi dari alam baik itu tsunami maupun abrasi dan lain sebagainya.

TNI AL bagian dari negara ini ikut mendukung program tsb sehingga seluruh Satkowil TNI AL khususnya di pesisir semuanya melaksanakan.

Kita melaksanakan penanaman mangrove serentak di 79 titik seluruh Indonesia, untuk sementara penanaman mangrove sebanyak kurang lebih 10 juta pohon yg ditanam di seluruh indonesia, sesuai hari mangrove nasional tanggal 26 Juli 2022 yg akan dilaksanakan di Jakarta oleh Bapak Presiden RI atau yang mewakili. Kegiatan penanaman mangrove serentak ini juga sebagai partisipasi TNI AL dalam mendukung terlaksananya perhelatan G20 mendatang.

Usai pelaksanaan penanaman mangrove Kadispotmaral menutup secara resmi kegiatan pelatihan serta penyerahan bahan kotak kepada para peserta latihan yang diserahkan oleh Kadispormaral, Danlanal Denpasar, Kadis Kelautan dan Perikanan Kota Denpasar serta tamu undangan lainnya. (Pen Lanal Denpasar)

Leave A Reply

Your email address will not be published.