Persiapan Pemilu, Lapas Sumbawa Besar Hadiri Rakor KPU Sumbawa Pastikan WBP dapat Hak Pilih

SUMBAWA, Harnasnews – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Sumbawa Besar melalui Kepala Seksi Binadik, Muhammad Setiadin menghadiri rapat koordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa guna membahas Penyusunan daftar pemilih di lokasi khusus, Rabu (24/5).

Ketua KPU Kabupaten Sumbawa menjelaskan bahwa data pemilih di Kabupaten Sumbawa yang berada di lokasi khusus berjumlah 588 Orang. Namun beberapa diantaranya terdapat data yang infalid.

Menyikapi hal itu, Kasi Binadik menyampaikan bahwa Lapas Sumbawa Besar akan terus melakukan koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil terkait pemutakhiran data lebih lanjut. “Dalam mendukung pelaksanaan pemilu yang langsung, tertib, dan transparan di tahun 2024 mendatang, kami tentunya akan terus berupaya memastikan semuanya lengkap terutama Hak Pilih bagi WBP. Satuan pengamanan juga akan disiapkan untuk mensterilkan lokasi pemungutan suara sehingga dapat berjalan aman dan lancar”.

Tempat Pemungutan Suara (TPS) Khusus di Lapas merupakan salah satu cara mengakomodasi warga binaan untuk menggunakan haknya dalam pemilu. Rapat koordinasi yang terlaksana di Kantor KPU Kabupaten Sumbawa ini juga membahas tentang penyusunan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan Akhir (DPSHP akhir) dan penetapan daftar pemilih tetap.(HR)

Leave A Reply

Your email address will not be published.