Pesona Ruwatan Sudhamala dalam Pementasan Pare Culture Heritage Carnival

KEDIRI,Harnasnews – Karnival di Kecamatan Pare sudah diselenggarakan pada 19 Agustus 2023, namun pengumuman resmi baru di keluarkan 3 september 2023 oleh Karang Taruna dan Kecamatan Pare. Pada pengumuman tersebut yang menjadi juara 1 adalah SMAN 1 Pare, memang ada yang menarik dari pementasan yang ditampilkan SMAN 1 Pare.

Menurut Gigih Satrio Wicaksono S.Pd guru sejarah SMAN 1 Pare sekaligus pemerhati pendidikan dan kebudaya menjelaskan bahwa, “Pengambilan tema koreografi SMAN 1 Pare lebih menitik beratkan pada kearifan lokal cerita ruwatan di Candi tegowangi”. Lanjutnya, ia menjelaskan “Kearifan lokal ini sejalan dengan implementasi kurikulum merdeka Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasil (P5) yang pernah dijalakan di SMAN 1 Pare”.

Sultan Shalihuddin AlAyubi, S.Pd guru seni rupa di SMAN 1 Pare juga menambahkan “Dengan adanya P5 di Kurikulum Merdeka anak-anak menjadi mudah dan terbiasa dalam pembuatan Properti, Koreografi Pementasan dan Seni Tarinya, hal ini perlu dikembangkan dan dilestarikan supaya lebih melatih kreatifitas anak didik”.

Sejalan dengan program pemerintah, Pengembangan Kearifan lokal yang diwariskan secara turun-temurun perlu dikembangkan supaya tidak mengakibatkan pergeseran nilai-nilai budaya yang dapat menimbulkan hal negatif pada generasi muda.(Bad/Gig)

Leave A Reply

Your email address will not be published.