Polda Papua: Tak Ada Korban Jiwa Pesawat Tergelincir

JAYAPURA, Harnasnews.com – Pejabat Polda Papua menyebutkan tidak ada korban jiwa dalam insiden pesawat Dabi Air PK-DPT. Pesawat tergelincir di Bandara Aminggaru, Distrik Omukia, Kabupaten Puncak, Papua, Senin (11/3) sekitar pukul 07.51 WIT.

“Atas kejadian tersebut tidak ada korban jiwa,” kata Kabid Humas Polda Papua Kombes AM Kamal, di Kota Jayapura, Senin sore.

Menurut dia, pesawat Dabi Air milik PT Nusantara dengan nomor lambung PK-DPT berangkat dari Bandara Moses Kilangin Timika, Kabupaten Mimika sekitar pukul 07.15 WIT menuju ke Bandar Udara Aminggaru Ilaga, Distrik Omukia, Kabupaten Puncak. Pesawat itu membawa logistik atau bahan makanan milik Idon yang merupakan agen pesawat Alda Air.

Pada pukul 07.51 WIT, kata dia, pesawat Dabi Air jenis caravan dengan pilot Capt Jhuda A dan kopilot Dendi Anugrah mendarat atau landing di Bandara Udara Aminggaru. Namun, pesawat mengalami over runway karena rem pesawat tidak berfungsi saat digunakan oleh pilot.

Sementara kondisi bandara licin/basah sehingga pesawat mengalami over runwaydan menabrak tumpukan batu yang berada di ujung runway. Akibatnya, lanjut dia, pesawat mengalami rusak pada landing gear, propeler dan baling-baling depan.

“Pukul 07.55 WIT, pilot Capt Jhuda A dengan kopilot Dendi Anugrah berhasil menghentikan pesawat dan dapat keluar dari dalam pesawat dengan selamat,” katanya pula.

Leave A Reply

Your email address will not be published.