Polres Bantaeng Adakan  Simulasi Pengamanan Pemilu 2019

 

Bantaeng, Harnasnews.com – Kapolres Bantaeng laksanakan simulasi pengamanan pemilu dipantai seruni(8/4/2019) dengan Skenario demi skenario di peragakan dalam simulasi ini, mulai dari berjalannya pemungutan suara hingga dipindahkan logistik Pemilu dari TPS ke Kantor KPU Bantaeng.

Diakumulasikan pula aksi demonstrasi hingga bentrokan akibat indikasi masyarakat yang tidak terima dengan hasil keputusan rapat pleno KPU yang diduga terjadi kecurangan. Mereka meminta untuk dilakukan pemungutan suara ulang.

Kapolres Bantaeng, AKBP Adip Rojikan mengatakan hal ini adalah bentuk pemantapan guna mengantisipasi terjadinya insiden yang tak diinginkan ketika Pemilu 2019 berlangsung.

“Hal ini merupakan penguatan pengetahuan, bahwasanya kegiatan pelaksanaan Pemilu itu tergambar di dalam simulasi itu, sehingga diharapkan semua pihak yang melihat simulasi akan bisa mengambil ilmu pengetahuan dari kejadian itu dan dampaknya yang telah di simulasikan,” papar AKBP Adip Rojikan

Kapolres juga men jelaskan tujuan di adakannya simulasi pengamanan Pemilu ini. Hal ini diakuinya penting guna mengantisipasi potensi adanya gangguan.

“Tujuannya adalah bagaimana menyiapkan seluruh elemen masyarakat peserta pemilu penyelenggara Pemilu aparat keamanan untuk saling bekerja sama guna menciptakan pemilu yang damai aman dan sejuk sehingga terhindar dari gangguan gangguan dan potensi gangguan Kamtibmas yang lainnya,” ucapnya.

Dia juga menyebut, pelaksanaan Pemilu nanti, Polres Bantaeng bakal mengerahkan sekira 230 personil dan nanti kita di backup oleh satu pleton dalmas dari Polda, satu pleton Brimob dari Polda dan BKO dari Kodim Bantaeng,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Bantaeng, Ilham Azikin mengapresiasi atas penyelenggaraan simulasi pengamanan Pemilu ini.

“Hari ini sebagai ruang konsolidasi bagi seluruh elemen yang terkait dan bertanggung jawab untuk suksesnya penyelenggaraan Pemilu 2019 ini.

Mudah-mudahan Kabupaten Bantaeng dengan dukungan semua pihak Polres, Kodim, KPU, Bawaslu dan seluruh masyarakat, kita berharap bahwa proses penyeleng garaan pemilu bisa berjalan sesuai dengan baik,” terangnya.

Kapolres mengajak seluruh lapisan Masyarakat yang memiliki Hak Pilih, agar pada hari Rabu 17 April 2019 mendatangi TPS untuk menggunakan Hak Pilihnya.( Jf )

Leave A Reply

Your email address will not be published.