Prajurit Diponegoro Sabet Emas di Kejurnas Pencak Silat Kapolri Cup I Th. 2023

JAKARTA TIMUR,Harnasnews  – Pratu Fajar Wibowo prajurit Batalyon Infanteri 406/Candra Kusuma, Kodam IV/Diponegoro berhasil meraih medali emas di Kelas F Putra (TNI-POLRI) pada Kejuaraan Nasional Pencak Silat Kapolri Cup I Tahun 2023 di Gedung Olah Raga (GOR) POPKI Cibubur, Ciracas, pada 3-5 Maret 2023 lalu.

Kejuaraan yang memperebutkan Piala Kapolri Pertama kali untuk Beladiri Pencak Silat ini diikuti sebanyak 3.800 peserta dari 34 Provinsi. Perwakilan kontingen pencak silat berasal dari TNI-Polri, masyarakat umum serta atlet pencak silat mulai dari tingkat SD hingga dewasa dari berbagai perguruan pencak silat.

Kejurnas tersebut dibuka oleh Analis Kebijakan Madya bidang Wabprof Divpropam Polri Brigjen Pol. Riko Sunarko, S.H., S.I.K., M.Si. mewakili Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. Kejuaraan ini diselenggarakan sebagai sarana menyalurkan bakat atlet berprestasi tanah air mengingat pencak silat kini dipertandingkan di beberapa turnamen tingkat internasional. Bahkan Seni bela diri tradisional tanah air itu kini sudah banyak dipertandingkan di Asia Tenggara, hingga Benua Amerika dan Eropa.

Kapendam IV/Diponegoro Kolonel Inf Bambang Hermanto, S.I.P. mewakili Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono pada Jum’at (10/3/2023) menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi atas keberhasilan prajurit Kodam IV/Diponegoro yang berhasil mengharumkan TNI AD.

Ditambahkan Kapendam bahwa bela diri pencak silat adalah olahraga asli Indonesia yang telah diakui dunia dan sudah seharusnya dilestarikan. Melestarikan pencak silat sama dengan merawat budaya bangsa.

“Ketika kita merawat, menjaga, melestarikan serta memajukan pencak silat, itu sama dengan kita merawat budaya bangsa. Masih banyak tantangan dan kejuaraan-kejuaraan besar lainnya yang sudah menunggu di depan mata. Diharapkan kemenangan ini menjadi motivasi untuk meraih prestasi pada kompetisi berikutnya,” pungkasnya.

Penyerahan piala, medali dan bonus pembinaan untuk kelas F 70 – 75 kilogram tersebut dilaksanakan pada saat upacara penutupan Kejurnas.(Bud/Pendam IV)

Leave A Reply

Your email address will not be published.