JAKARTA, Harnasews.com – Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengungkapkan meski tidak dapat dirayakan langsung, peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2021 akan dipindahkan ke platform digital.

“Pada tahun 2021 ini, ekspresi perayaan kemerdekaan akan berpindah ke platform-platform digital. Berbagai kegiatan akan lebih banyak menitikberatkan pada aktivitas-aktivitas virtual sehingga masyarakat dapat merasakan pengalaman yang baru,” kata Pratikno dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Jumat.

Suasana kemerdekaan secara digital, menurut Pratikno, dapat dinikmati masyarakat melalui kanal Rumah Digital Indonesia www.rumahdigitalindonesia.id, selama satu bulan penuh mulai 1 Agustus sampai 31 Agustus 2021.

Peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2021 mengangkat tema “Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”.

Peringatan kemerdekaan kali ini akan digelar secara sangat minimalis mengingat situasi pandemi COVID-19, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, serta fokus pada kegiatan-kegiatan virtual.

Penyelenggaraan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dan Upacara Penurunan Bendera masih akan digelar secara sangat minimalis dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dengan petugas upacara dan tamu undangan yang sangat terbatas.

Masyarakat tetap dapat mengikuti Upacara Peringatan Peringatan Detik-Detik Proklamasi dan Upacara Penurunan Bendera pada tahun 2021 kali ini secara daring.

Sedangkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang bertugas akan menggunakan formasi lengkap 17 – 8 – 45 dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat sejak seleksi di daerah, karantina dan pelatihan hingga bertugas di Istana Merdeka.