Predikat Gold Diberikan Ke AQUA Keboncandi Dalam NCSRA 2023

BERITA

Tiga Penghargaan yang diraih AQUA Keboncandi (PT. Tirta Invesatama) didalam Nusantara CSR Award 2023

PASURUAN, Harnasnews – PT Tirta Investama (AQUA Keboncandi) yang berkolaborasi dengan Yayasan Sekola Konang Indonesia (YSKI), yang terus aktif dalam pelestarian lingkungan di wilayah Kabupaten Pasuruan mendapatkan buah manis dengan meraih predikat gold di Penghargaan Nusantara CSR Award (NCSRA) 2023, pada hari Rabu (05/07/2023).

Dalam acara NSCRA 2023 yang diselenggarakan di Ball Room Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, AQUA Keboncandi (PT. Tirta Investama) meraih prestasi luar biasa dengan berhasil menyabet tiga penghargaan sekaligus.

Adapun penghargaan yang berhasil didapatkan AQUA Keboncandi dalam Kategori Penanganan Perubahan Iklim, Kategori Ekosistem Darat, dan mndapat nilai tertinggi dengan Sertifikat Gold Melalui Program Participatory Water Resilience “Rejoso Lestari untuk Menabung Air.”

Sehingga dalam ajang penghargaan itu, AQUA Keboncandi dinobatkan sebagai perusahaan terbaik dalam penulisan paper submit atau cerita perubahan. Karena itu, secara khusus mendapat predikat Gold atau Emas.

SR-CSR Manager AQUA Keboncandi Hari Wicaksono menerima penghargaan itu dari Ketua Tim Penilai NCSRA 2023, Prof Ibnu Hamad yang juga guru besar Komunikasi Universitas Indonesia, yang didampingi La Tofi sebagai Chairman La Tofi School of Social Responsibility yang juga sekretaris tim penilai NCSRA 2023.

Menurut La Tofi, program Participatory Water Resilience “Rejoso Lestari untuk Menabung Air” merupakan program luar biasa yang dieksekusi dengan cara-cara tidak biasa. Karena itu, secara khusus mendapat apresiasi Gold atau peringkat Emas.

Dijelaskan bahwa, pemeringkatan ini sebelumnya harus melewati seleksi papper submit (cerita perubahan) dan contoh bagus yang bisa dijadikan sumber belajar untuk memahami apa sesungguhnya praktik CSR SDGs itu.

“Dalam program ini, ada mata air yang ditabung. Bukan sekadar agar pasokan air ke AQUA terjaga. Namun, agar sumber daya air bagi masyarakat luas juga ikut terjaga. Ini luar biasa dan caranya tidak biasa. Yang bisa kita pelajari, bahwa merawat alam itu berarti merawat manusia dan merawat generasi,” terangnya.

Harapannya, melalui program ini, kenaikan suhu bisa direm sedikit demi sedikit. Prediksi bahwa di tahun 2027 sebagian pulau akan tenggelam, harapannya juga bisa direm dengan aksi-aksi nyata dari program konservasi. Dan CSR AQUA Keboncandi Pasuruan telah memberi guiden atau tuntunan nyata dalam kontribusi tujuan pembangunan berkelanjutan (CSR-SDGs).

Sementara itu, Kepala Pabrik AQUA Keboncandi Plant Wahyu Wulandari menuturkan, penghargaan ini akan menjadi penyemangat bagi AQUA Keboncandi untuk terus melakukan inovasi  program yang berkelanjutan dan konsisten dalam berkontribusi menjaga kelestarian lingkungan. Ini sebagai bukti komitmen untuk terus bertumbuh menjadi perusahaan hijau dan berkelanjutan.

“Karena menjaga lingkungan dan melindungi bumi berdampak langsung terhadap kesehatan manusia merupakan visi Danone  AQUA yaitu One Planet One Health,” tegas Wahyu Wulandari yang akrab di panggil Yuyun, saat di temui pada hari Kamis (06/07/2023).(Hid)

Leave A Reply

Your email address will not be published.