Program Samisade Berikan Banyak Mamfaat Warga Bogor

BOGOR, Harnasnews – Program bantuan keuangan infrastruktur Satu Miliar Satu Desa (Samisade) yang bersumber dari APBD Kabupaten Bogor ini, banyak memberikan mamfaat dalam memajukan desa di Bumi Tegar Beriman.

“Pertama untuk percepatan pembangunan infrastruktur yang berujung pada peningkatan ekonomi warga menjadi sejahtera,” kata Sekjen APDESI Kabupaten Bogor, Ismail kepada harnasnews.com di kantornya, Rabu (3/11/2022).

Lanjut Ismail, kedua dapat menuntaskan rancangan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) yang merupakan visi – misi untuk periode enam tahun masa kepemimpinan kepala desa yang meliputi Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Pelaksanaan Pembangunan Desa, Pembinaan Kemasyarakatan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa.

“Dan tidak dipungkiri bahwa infrastruktur di desa menjadi masalah yang dihadapi hampir seluruh desa. Dimana dalam setiap usulan melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) dari banyak program yang diusulkan paling banyak satu dua usulan yang dapat terealisasi,” keluh Ismail.

Oleh karena itu, kata dia bahwa program Samisade merupakan jawaban dari usulan yang tidak terakomodir dalam Musrembang, juga sekaligus jawaban dari ketuntasan RPJMDes untuk periode enam tahun masa kepemimpinan kepala desa.

“Jadi usulan yang tidak terakomodir pada Musrenbang akan terjawab di program Samisade,” terang Ismail yang juga Kades Sukamanah Megamendung Bogor ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.