Proses Relokasi Pasar Jatiasih Diwarnai Kericuhan

“Dan juga pengembang ini kan butuh kepastian, karena kalau semua pengusaha ketika berinvestasi selalu dipersulit seperti ini bagaimana kota Bekasi bisa berkembang,” tambah Budy.

Bangunan yang akan dibangun sebanyak 804 unit kios dan pasar dengan luas dan harga variatif sesuai dengan blok dan lokasi. Lokasi paling depan atau blok A dengan harga 30 juta per meter, bagian tengah 25 juta per meter dan paling belakang 20 juta permeter.

“Sejauh ini sudah ada sekitar 95 persen pedagang yang mendaftar sebagai pembeli,” Budy menambahkan.

Proses berakhirnya lelang eks bangunan pada 3 September mendatang. Proses pembongkaran akan dilakukan setelah pemenang lelang tersebut diumumkan.

“Yang membongkar bangunan bukan kami, tapi pemenang lelang eks bangunan pasar Jatiasih,” tandasnya.

Kabid Pasar Romi menuturkan bahwa proses pemagaran bangunan pasar Jatiasih yang lama dilakukan selama lelang eks bangunan untuk selanjutkan akan dirobohkan oleh pemenang lelang tersebut. 500 pedagang direlokasi ke TPS yang lokasinya tidak jauh dari pasar lama.

“Mulai tadi malam sudah pindah mandiri, pada umumnya sudah pindah semua dan tinggal ini pemagaran proyek agar supaya sekarang ini dalam gelar lelang untuk asetnya yang nantinya dirobohkan baru nanti direvitalisasi,” kata Romi.

Terkait dengan keberatan beberapa pedagang atas relokasi Pasar Jatiasih, sosialisasi sudah dilakukan sudah lama sejak 2017. Para pedagang yang saat itu belum mendaftarkan diri diakui Romi tetap akan diakomodir.

“Semuanya sudah disiapkan tapi mereka itu belum melakukan pendaftaran dan ketikan akan dilakukan relokasi mereka belum siap, tapi kami akan tetap akomodir ,” pungkas Romi.

Proses revitalisasi akan ditargetkan akan dilakukan selama 24 bulan atau 2 tahun. Selama proses itu, para pedagang difasilitasi oleh PT. MSA disediakan lahan sementara yang proses pengelolaannya dilakukan oleh Unit Pasar.

Dalam proses relokasi tersebut, 300 personil gabungan dari Polrestro Bekasi Kota, Kodim 0507/Bks dan Satpol PP diterjunkan untuk melakukan pengamanan. (Mam)

Leave A Reply

Your email address will not be published.