PSSI Diingatkan Lagi untuk tidak Mengadu ke FIFA

Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gatot S Dewa Broto

JAKARTA, Harnasnews.com – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) kembali mengingatkan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) agar tak melaporkan aksi Satuan Tugas (Satgas) Antimafia Bola ke Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA). Sekretaris Kemenpora (Sesmenpora) Gatot Dewa Broto mengatakan, aksi tim bentukan Mabes Polri tersebut bukan intervensi dari pemerintah terhadap badan induk sepak bola nasional.

Gatot menyatakan penyidikan di satgas merupakan aksi penegakan hukum. Meski bersinggungan dengan sepak bola, tim bentukan Kapolri Jenderal Tito Karnavian tersebut fokus dalam persoalan penegakan hukum positif.

“Saya ingatkan sekali lagi kepada PSSI jangan coba-coba lapor ke FIFA ini sebagai intervensi. Yang dilakukan satgas ini bentuk dari law enforcement(penegakan hukum) yang melibatkan match fixing dan match manipulation,” ujar dia di Jakarta, Kamis (7/2).

Peringatan Gatot kali ini menjadi yang kedua bagi PSSI. Peringatan serupa pernah Gatot sampaikan saat Satgas Antimafia Bola terbentuk pada Desember 2018.

Pasalnya, ada anggapan proses penyidikan banyak kasus oleh satgas sekarang ini merupakan wujud dari intervensi pemerintah atas persoalan yang terjadi di internal PSSI. Gatot khawatir jika PSSI melapor ke FIFA, terjadi distorsi tentang peran dan fungsi satgas. Ujungnya, FIFA akan membekukan sepak bola Indonesia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.