JAKARTA, Harnasnews.com – Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan bahwa kepemimpinan perempuan terbukti mampu menciptakan kebijakan-kebijakan yang berpihak pada kepentingan kaum hawa.

Oleh karena itu, bertepatan dengan peringatan Hari Kartini pada Kamis, Puan berharap perempuan dapat lebih banyak mengisi kursi anggota DPR dan badan legislatif lainnya.

“Dengan makin banyaknya perempuan yang duduk di posisi strategis seperti DPR, maka kebijakan yang diambil juga bisa lebih berpihak pada kaum perempuan,” kata Puan Maharani sebagaimana dikutip dari siaran tertulisnya yang diterima di Jakarta.

Dikabarkan dari antara, ia menyebut jumlah perempuan yang menjadi anggota DPR RI terus naik tiap tahunnya. Jumlah anggota DPR RI perempuan pada periode 2019–2024 mencapai 118 orang atau mencapai 20,5 persen dari total 575 anggota yang terpilih saat Pemilu 2019.

Jumlah itu meningkat dibandingkan dengan periode 2014–2019, yang mana jumlah anggota DPR perempuan sebanyak 97 orang.

Peningkatan jumlah itu turut diikuti oleh pengesahan beberapa undang-undang yang berpihak pada kepentingan perempuan, salah satunya Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (UU TPKS).

Puan, perempuan pertama yang menjadi ketua DPR, turut memimpin Rapat Paripurna pengesahan UU TPKS.